Laporkan Masalah

ANALISIS KESALAHAN STRUKTUR SINTAKSIS KARANGAN BERBAHASA INDONESIA OLEH PEMBELAJAR TIONGKOK (Studi Kasus Pembelajar Tiongkok Program Darmasiswa RI di (Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta)

INTAN RAWIT SAPANTI, Dr. Suhandano, M.A

2015 | Tesis | S2 Ilmu Linguistik

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan struktur sintaksis dalam karangan berbahasa Indonesia oleh pembelajar Tiongkok program Darmasiswa RI dan menjelaskan penyebab-penyebab kesalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang berbentuk studi kasus dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan data menggunakan metode sadap dengan teknik pengumpulan data dengan observasi dan pengumpulan tulisan hasil karangan bahasa Indonesia pembelajar Tiongkok. Data dalam penelitian ini merupakan kumpulan karangan yang ditulis oleh 19 orang pembelajar yang mengambil matakuliah Menulis II pada semester genap tahun 2012. Jumlah populasi adalah 80 karangan dan sampel 118 kalimat mengandung kesalahan sintaksis. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pembelajar Tiongkok melakukan kesalahan dalam tataran sintaksis, yaitu pada tataran frasa dan tataran klausa. Dalam tataran frasa, ditemukan kesalahan yaitu penghilangan elemen dalam frasa verbal dan frasa depan, penambahan elemen yang tidak diperlukan pada frasa nomina, pemilihan elemen yang salah pada frasa nomina dan frasa verbal, kemudian kesalahanurutan pada frasa nomina, frasa verbal dan frasa keterangan. Dalam tataran klausa, ditemukan kesalahan penghilangan yaitu ketidaklengkapan unsur klausa (S, P, O) dan klausa relatif, kemudian kesalahan pemilihan elemen yang tepat pada klausa verbal aktif pasif, klausa verbal resiprokal, serta kesalahan penggunaan kata tugas (preposisi, konjungsi dan partikel). Faktor-faktor penyebab kesalahan dibedakan menjadi faktor intralingual dan faktor ekstralingual. Faktor intralingual dipengaruhi oleh proses interlingual dan interferensi bahasa Mandarin. Faktor ekstralingual dipengaruhi oleh faktor individu pembelajar bahasa dan faktor diluar individu pembelajar bahasa.

The aim of this research is to describe the syntactic errors in essays written by Chinese Mandarin speaking learners in Darmasiswa RI programs and explain the cause of those errors. The research is conducted based on qualitative-descriptive method in form of case study research. Data were taken by collecting student’s essays and observation. The data population was 80 essays and the data sample was 118 sentences contain syntactic errors which is divived into two levels, phrase and clause level. The results of this research found that syntactic errors made by Chinese Mandarin students are errors in phrase and clause formation. At phrase level, errors are found in the form of omission of the nomina and verbal phrases, misordering in nomina, verbal and complement phrase. In clause level, errors are found in the form of omission of the clause elements, relative clause and the errors in the selection of the element off passive and active clause constructions, reciprocal clause and the errors in using prepositions, conjuction and particle in a clause. The factors that caused errors are divided into intralingual and extralingual factors. Errors caused by intralingual errors are came from the mastery of target language of Bahasa Indonesia by the Chinese learner and also the interference from the mother language that is Chinese Mandarin. The extralingual factor influenced by the individual factor and also the outside of the individual factor of the learner

Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Sintaksis, Bahasa Indonesia, Pembelajar BIPA dari Tiongkok


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.