Laporkan Masalah

ANALISIS PENGARUH KEPRIBADIAN MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK KIRANTI DI KOTA YOGYAKARTA

YESSI LUSIANA DEWI, Dr. Sampurno, MBA., Apt.

2015 | Tesis | S2 Ilmu Farmasi

Konsep pemasaran sekarang tidak lagi hanya berfokus pada penjualan dan pembelian saja namun perusahaan juga perlu memikirkan terciptanya hubungan jangka panjang dengan konsumen yang dapat berdampak positif pada peningkatan pangsa pasar dan profit perusahaan. Suatu perusahaan dapat membangun merek yang kuat dimana salah satu komponennya adalah kepribadian merek. Kepribadian merek diketahui memiliki efek positif terhadap kepercayaan dan loyalitas merek untuk mendukung terciptanya hubungan jangka panjang merek dengan konsumen. Dimensi kepribadian merek dalam penelitian ini memadukan antara penelitian Aaker dan Geuens, dkk. yang disesuaikan dengan merek Kiranti, yaitu brand excitement, kecanggihan merek, keaktifan merek, dan emosionalitas merek. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik menggunakan metode survei cross sectional. Data diperoleh dengan alat ukur kuesioner menggunakan skala Likert bernilai 1-4. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability berjenis purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 orang. Data selanjutnya dianalisis dengan analisis regresi linear berganda dan sederhana dengan taraf kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil analisis, dapat diketahui bahwa brand excitement dan emosionalitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan merek (brand excitement: koefisien beta= 0,252; thitung > ttabel; p < 0,05 dan emosionalitas merek: koefisien beta=0,949; thitung> ttabel; p < 0,05), sedangkan kecanggihan merek dan keaktifan merek berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepercayaan merek (kecanggihan merek: koefisien beta=0,283; thitung < ttabel; p > 0,05 dan keaktifan merek: koefisien beta= 0,211; thitung < ttabel; p > 0,05). Brand excitement, kecanggihan merek, keaktifan merek, dan emosionalitas merek (atau disebut kepribadian merek) secara bersama-sama memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan merek dengan hubungan yang kuat (Fhitung > Ftabel; p < 0,05; R= 0,636). Pengaruh kepribadian merek terhadap kepercayaan merek sebesar 38% dengan persamaan regresi linear berganda yang diperoleh adalah Y= 10,014 + 0,252 X1 + 0,283 X2 + 0,211 X3 + 0,949 X4 sehingga dapat disimpulkan bahwa emosionalitas merek merupakan variabel yang paling berpengaruh pada kepercayaan merek Kiranti di Kota Yogyakarta. Kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek (koefisien beta=0,428; thitung > ttabel; p < 0,05).

The marketing concept is now no longer just focused on the sale and purchase, but companies also need to think about the creation of long-term relationships with consumers which can have a positive impact on increasing market share and profitability. A company can build a strong brand in which one the component is brand personality. Brand personality is known to have a positive effect on trust and brand loyalty to support the creation of a brand long-term relationship with a consumer. Dimensions of brand personality in this study combines research by Aaker and Geuens, et al. adapted to the brand Kiranti, such as the brand excitement, brand sophistication, brand activity, and brand emotionality. This research is an observational analytic study using cross sectional survey method. Data were obtained by questionnaire tools using 1-4 Likert scale. Sampling was conducted using non-probability purposive sampling. The samples used were as many as 100 people. Then data were analyzed by multiple and simple linear regression analysis with a 95% of confidence interval level. Based on the analysis, it can be seen that brand excitement and brand emotionality have positive and significant effect on brand trust (brand excitement: beta coefficient = 0.252; tcount > ttable; p-value < 0.05 and brand emotionality: beta coefficient= 0.949; tcount= 3.071 > ttable; p-value < 0.05), whereas the brand sophistication and brand activity have positive effect but not significant on brand trust (brand sophistication: beta coefficient= 0.283; tcount < ttable; p-value > 0.05 and brand activity: beta coefficient= 0.211; tcount < ttable; p-value > 0.05). Simultaneously brand excitement, sophistication brand, brand activity, and brand emotionality (or called brand personality) have a positive and significant effect on brand trust with strong relationship (Fcount > Ftable; p-value < 0.05; R= 0.636). The effect of brand personality on brand trust by 38% with the multiple linear regression equation obtained was Y = 10.014 + 0.252 X1 + 0.211 X2 + 0.283 X3 + 0.949 X4, so it can be concluded that the brand emotionality is the most influential variable on Kiranti’s brand trust in Yogyakarta. Brand trust has a positive and significant effect on brand loyalty (beta coefficient=0.428; tcount > ttable; p-value < 0.05).

Kata Kunci : kepribadian merek, kepercayaan merek, loyalitas merek, Kiranti


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.