Laporkan Masalah

Analisis Kesuksesan dan Penerimaan terhadap Sistem Informasi E-Learning di Pusat Pendidikan dan Pelatihan BPK RI

HARIS PAMUGAR, Dr. Wing Wahyu Winarno, MAFIS, CA, Ak.; Warsun Najib, S.T., M.Sc.

2015 | Tesis | S2 Teknik Elektro

Sistem informasi e-learning pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dibuat untuk mempermudah pegawai BPK RI dalam memperoleh pengetahuan/pembelajaran melalui intranet. Sistem informasi e-learning diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi pegawai BPK RI, sehingga dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dan mendukung kinerja organisasi. Untuk mengoptimalkan implementasi sistem informasi e-learning, maka perlu dilakukan penelitian kesuksesan dan penerimaan pengguna terhadap sistem informasi e-learning. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model integrasi model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean, model penerimaan UTAUT, dan model kesesuaian HOT Fit dengan modifikasi. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui survei kuesioner kepada pegawai BPK RI yang telah menggunakan sistem informasi e-learning dengan sampel sebanyak 167 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengguna merasa cukup puas terhadap kualitas informasi, kualitas layanan, dan kualitas sistem dari sistem informasi e-learning. Pengguna berniat dan berencana untuk terus menggunakan sistem informasi e-learning karena merasa dapat meningkatkan kinerjanya, cukup mudah dipelajari dan digunakan, serta didukung oleh rekan kerja yang juga menggunakan dan menganggapnya penting. Kepuasan pengguna dan niat penggunaan berpengaruh terhadap manfaat yang cukup dirasakan pengguna bahwa sistem informasi e-learning membantu pegawai memperoleh materi/modul diklat yang berguna untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan dalam bekerja, meningkatkan kinerja pegawai dan kinerja organisasi.

E-learning information system at Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) designed to facilitate BPK employee in acquiring knowledge/learning via the intranet. E-learning information system is expected to improve the quality and competence of BPK employees, so as to carry out the duties and functions well and support the organization's performance. To optimize the implementation of e-learning information system, it is necessary to research the success and user acceptance of e-learning information systems. This research was conducted by using integration model of information systems success model DeLone and McLean, UTAUT acceptance models and HOT Fit suitability models with modifications. The data used is primary data obtained through a questionnaire survey to BPK employees who have used e-learning information system with a sample of 167 people. Methods of data analysis used is Structural Equation Modeling (SEM) using SmartPLS software. The results of this research indicate that users feel quite satisfied with the information quality, service quality, and system quality of e-learning information system. Users intend and plan to continue using e-learning information system because they feel can improve the performance, quite easy to learn and use, and supported by partners who also use and consider it important. User satisfaction and intention to use affect to perceived benefits of users that e-learning information system help employees acquire the material/training modules that are useful to increase knowledge and improve their ability to work, improving employee performance and organizational performance.

Kata Kunci : E-Learning, DeLone dan McLean, UTAUT, HOT Fit, Model Evaluasi Terintegrasi.

  1. S2-2015-355994-abstract.pdf  
  2. S2-2015-355994-bibliography.pdf  
  3. S2-2015-355994-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2015-355994-title.pdf