STRATEGI PENGELOLAAN MAKANAN LOKAL SEBAGAI PRODUK WISATA KULINER DI KABUPATEN GUNUNG KIDUL
ANGGI MARTININGTYAS, Dr. Yulia Arisnani Widyaningsih, MBA
2015 | Tesis | S2 Kajian PariwisataGunung Kidul merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta. Di Gunung Kidul banyak terdapat potensi wisata, seperti wisata alam dan wisata kuliner. Wisata alam meliputi pantai, gua, gunung, embung, bukit, desa wisata. Sedangkan wisata kuliner meliputi sego abang, aneka hidangan ikan, gathot, thiwul, peyek jingkeng, belalang goreng, keripik rumput laut. Berbagai jenis restoran dikembangkan, begitu pula berbagai menu, baik jenis makanan maupun minuman disajikan dengan berbagai kreasi yang inovatif. Hal ini dilakukan agar usaha makan memiliki daya saing dengan usaha makan lainnya. Makanan dan minuman di Gunung Kidul dapat menjadi sebuah atraksi wisata yang dapat menarik minat wisatawan. Dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung di obyek-obyek wisata, secara tidak langsung berpengaruh terhadap bisnis rumah makan yang semakin tumbuh subur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keputusan wisatawan mengkonsumsi makanan lokal di Gunung Kidul. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, Lokasi penelitian diambil di Warung Makan Pari Gogo Semanu dan Toko Oleh-Oleh Gathot Thiwul Yu Tum Wonosari. Metode penelitian yang dilakukan meliputi metode survey, wawancara, dan observasi. Metode survey yang dilakukan dengan cara menyebar kuesioner ke wisatawan yang datang ke warung makan dan toko oleh-oleh. Wawancara dilakukan dengan pemilik usaha kuliner, pengelola usaha kuliner, pemasok bahan baku, wisatawan yang menikmati masakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan wisatawan mengkonsumsi makanan lokal di kabupaten Gunung Kidul meliputi tempat wisata dan atraksi wisata yang terdapat di Gunung Kidul, dan produk makanan yang dijual di Gunung Kidul. Pengelolaan makanan lokal di Gunung Kidul dilakukan dengan cara mengelola sumber daya manusia, pengadaan bahan baku, dan pelayanan. Adapun strategi pemasaran yang dilakukan meliputi inovasi produk, penetapan harga jual yang bersaing, menyediakan tempat yang memadai, dan melakukan promosi yang maksimal.
Gunung Kidul is one of the districts in Yogyakarta . In Gunung Kidul there are many tourist potential , such as nature tourism and culinary tourism . Natural attractions include beaches , caves , mountains , ponds , hills , tourist villages . While culinary tour includes sego abang , a variety of fish dishes , Gathot , thiwul , jingkeng , fried grasshoppers , seaweed chips . Various types of restaurants are developed , so did the various menus , both types of food and drinks are served with a variety of innovative creations . This is done in order to attempt to eat competitive with other food businesses . Food and drink in Gunung Kidul can be a tourist attraction that can attract tourists . With the many tourists who visit the tourist resorts , indirectly affect the restaurant business which flourished . The purpose of this study was to determine the factors that influence the decision of tourists consume local foods in Gunung Kidul . This research was conducted using qualitative and quantitative research methods , research location taken in Pari Gogo Restaurant in Semanu and Stores souvenirs Gathot thiwul Yu Tum in Wonosari . Research methodology includes survey methods , interviews , and observations . Survey method is done by spreading the questionnaire to the tourists who come to the food stalls and souvenir shops . Interviews were conducted with business owners culinary , culinary business managers , suppliers of raw materials , tourists . The results of this study indicate that there are several factors that influence the decision of tourists consume local foods in Gunung Kidul district includes the sights and tourist attractions located in Gunung Kidul , and food products sold in Gunung Kidul . Management of local food in Gunung Kidul is done by managing human resources , procurement of raw materials , and services . As for the marketing strategy includes product innovation , competitive pricing sell , provide an adequate place , and promotion of the maximum.
Kata Kunci : Gunung Kidul, Masakan Lokal, Wisata Kuliner, Strategi Pemasaran