Laporkan Masalah

Perancangan Chassis Mobil Listrik

ROCHMAD DWI YOGO BUD, Ir. Suryo Darmo, MT

2014 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK MESIN

Pada penggunaan mobil listrik membutuhkan sebuah chasis yang berfungsi sebagai penompang semua beban yang ada pada kendaraan, untuk sebuah kontruksi chasis itu sendiri harus memiliki kekuatan, ringan dan mempunyai nilai kelenturan. Tujuan penulis mengambil judul Tugas Akhir tersebut adalah chassis yang sebelumnya berat menjadi lebih ringan dan kuat agar mobil listrik dapat berjalan dengan normal. Proses perancangan chassis mobil listrik ini dimulai dari desain gambar kemudian pemilihan material bahan dan komponen pendukung kemudian dilanjutkan dengan proses perakitan. Setelah proses perakitan dilakukan analisa perhitungan beban kendaraan dan tegangan geser pada mobil listrik. Tegangan geser yang diterima roda depan sebesar 0,1719 kg/mm^2 , sedangkan tegangan geser yang diijinkan untuk roda depan sebesar 12,3 kg/mm^2 . Pada roda belakang tegangan geser yang didapat yaitu 0,1578 kg/mm^2 , sedangkan tegangan geser yang diijinkan sebesar 8,6 kg/mm^2 . Jadi selama nilai tegangan geser pada mobil listrik tidak melebihi tegangan geser yang diijinkan, pembebanan pada mobil listrik masih dalam kategori aman.

On the use of electric cars require a chassis that serves as a retaining all the existing load on the vehicle, for a chassis construction itself should have the strength, lightness and flexibility have value. The purpose of the authors take the title of the final project was previously chassis weight to be lighter and stronger so that electric cars can run normally. The process of designing an electric car chassis is started from the design drawings and then the selection of materials and components supporting material then proceed with the assembly process. After the assembly process analysis and vehicle load calculation of shear stress on the electric car. Shear stress received by the front wheels 0,1719 kg/mm^2 , while the allowable shear stress for the front wheels of 12,3 kg/mm^2 . On the rear wheel shear stress obtained is 0,1578 kg/mm^2 , while the allowable shear stress of 8,6 kg/mm^2 . So long as the value of shear stress on the electric car does not exceed the allowable shear stress, loading on the electric car is still in the safe category.

Kata Kunci : Perancangan Chassis Mobil Listrik


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.