Manajemen peningkatan mutu pendidikan berbasis sekolah
DARDJIS, Dr. Zamroni
2002 | Tesis | Magister Administrasi PublikPenelitian survai yang berjudul Manajemen Peningkatan Mutu Pendididkan Berbasis Sekolah (MPMBS), mengangkat permasalahan pengelolaan SMU Negeri yang diberikan perlakuan khusus agar menjadi sekolah yang berkualitas, dengan memberikan kewenangan/otonomi kepada sekolah. Tujuan peneiitian ini untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan program MPMBS berdasarkan proposal sekolah dan pencapaian target yang mereka tetapkan. Sampel penelitian ini diambil dari sekolah di tiga Kabupaten di propinsi Jawa Barat, yaitu Sukabumi, Cirebon, dan Kota Bandung. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis diskriptif kualitatif, dan didukung data kuantitatif yang bersumber dari proposal sekolah, hasil monitoring, dan laporan tahunan sekolah. Dalam analisisnya penulis menjelaskan pelaksanaan program MPMBS dan mengevaluasi efektivitas berdasarkan lima kriteria, yaitu : keterbukaan manajemen sekolah, kerjasama antar warga sekolah dan antara sekolah dengan masyarakat, kemandirian sekolah, akuntabilitas program dan dam, dari kekrianjutan program seteiah bantuan dana dari pemerintah dinentikan . Sebagai penutup, dikemukakan beberapa kesimpulan bahwa sekolah dapat tumbuh menjadi sekolah yang berkualitas apabila diberikan otonomi dan mendapat dukungan luas dari orang tua dan masyarakat, serta dikemukakan beberapa rekomendasi untuk penyempumaan pelaksanaan program MPMBS pada masa yang akan datang.
The research with its topic School Based Management (SBM), describes some government senior high shook management problems, which provided special treatment in order to make effective schools through given authority/autonomous to schools. The objective of this research is to detect the effectiveness of the implementation of SBM programmes, based on the school proposal and the achievement of target which they have determined. Sample of this research was taken from the schools under SBM programme in three districs, i.e. Sukabumi, Cirebon, and Bandung. The data collected were analized through qualitative-descriptive analysis, supported by quantitative data . based on school proposals, monitoring result, and anual school reports. In his analysis the writer describes the implementation of SBM and its effectiveness, based on five criteria, i.e.:(l) transparancy of school management, (2) cooperative between the school members and between school with its community, (3) school autonomous, (4) accountability, and (5) sustainability whenever the government support has been stopped. As an end, was put forward some conclussions that the schools could be improved become the effective schools whenever its given autonomous and widely support from the parents and community, and finally proposed some recommendatios to complete the future implementation of SBM programme.
Kata Kunci : Manajemen Mutu Pendidikan,Peningkatan