Perlindungan Konsumen Jasa Sewa Menyewa Mobil Di Persewaan Mobil Lancar Abadi Transport
FIRZAL DAQIQIL MA, Hariyanto, S.H., M.Kn
2015 | Skripsi | S1 ILMU HUKUMPenelitian ini disusun dengan menyadari akan kurangnya perlindungan terhadap konsumen jasa sewa menyewa mobil. Tanpa adanya pengawasan terhadap usaha ini membuat pelaku usaha dapat membuat perjanjian standar yang cenderung memberatkan pihak konsumen. Dalam praktek, sering kali kita tidak memperhatikan apa saja kewajiban pemilik persewaan mobil, sehingga hal tersebut dapat mengakibatkan kerugian kepada konsumen. Contohnya, karena pemilik persewaan mobil lalai dalam menjalankan kewajibannya untuk mengecek kendaraannya secara berkala mengakibatkan mobil pada saat disewa oleh konsumen mengalami kerusakan yang tentunya menjadi tanggung jawab konsumen, karena di perjanjiannya tertulis klausula yang menyatakan segala kerusakan dan kehilangan ketika mobil di tangan konsumen merupakan tanggung jawab penuh dari konsumen, meskipun keadaannya diluar kuasa konsumen. Penelitian yang dilakukan dalam penulisan hukum ini bersifat yuridis empiris, yaitu kombinasi antara penelitian normatif dan empiris. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis ialah kepustakaan dengan data sekunder dan penelitian lapangan dengan menggunakan data primer. Dengan metode penelitian tersebut, maka analisis data yang digunakan oleh penulis adalah deskriptif kualitatif. Melalui penulisan hukum ini, penulis menemukan beberapa poin penting bahwa kedudukan antara pelaku usaha dan konsumen masih tidak seimbang, dan juga kurangnya pengetahuan konsumen mengenai perlindungan konsumen.
This research was compiled by realizing the lack of protection of car rental's consumer. Without any supervision in this kind of business could make business players create standart agreement tending to harm consumers. In practice , we often did not noticed anything about the obligation of the owner of a car rental, so that it could result in losses to customers. For example, since the owner a car rental negligent in carrying out their obligations to check their vehicle at regular intervals resulting in the car at the time of rent by the consumer damaged which is certainly be the responsibility of consumers, as written on covenant's clause, stating the damage and loss became consumer's full responsibility for, although the circumstances outside the will of consumer. Research conducted in writing this law is empirical juridical , that is a combination between empirical and normative research .The type of research literature is used by writers with secondary data and field research by using the primary data. With the research methods, the analysis of the data used by the authors is a qualitative descriptive. Through the writing of this law, the authors found some important points that position between businesses and consumers are still not balanced, and also a lack of consumer knowledge regarding consumer protection .
Kata Kunci : Kerugian, Kewajiban Pelaku Usaha, Perlindungan Konsumen / Loss, Businessmen Responsibility, Consumer Protection