METODE LINE BALANCING DENGAN CARA PENYEIMBANGAN BEBAN KERJA DI PT. ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA
ROYA GINTING, I. Aris Herdaryanto, S.T., M.Eng.
2014 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK MESINPT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) adalah agen tunggal dan produsen kendaraan komersil Isuzu bermesin diesel beserta komponennya. PT. IAMI memiliki Assy Plant Pondok Ungu (APPU) yang memproduksi kendaraan komersil (truck) variant N-Series (Light Truck/kategori 2) dan F-Series (Medium Truck/kategori 3). Divisi Produksi bagian Body Shop pada Line Body Shop N-Series (Light Truck/kategori 2) memiliki ketidakseimbangan lintasan karena beban kerja yang tidak teratur serta efek psikologis yang kurang baik baik bagi operator sehingga dibutuhkan line balancing. Line balancing merupakan penyeimbangan penugasan elemen-elemen tugas dari suatu lintasan perakitan ke stasiun kerja untuk meminimumkan total idle time pada semua stasiun kerja untuk tingkat output tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyeimbangkan beban kerja yang dialokasikan pada beberapa stasiun kerja, memaksimumkan nilai line efficiency, meminimumkan nilai balance delay, dan meminimumkan nilai smoothness index pada lintasan produksi. Metode yang digunakan ada tiga cara, yaitu metode wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil yang diperoleh dari line balancing yaitu line efficiency meningkat sebesar 0,43%, balance delay mengalami penurunan sebesar 0,43% dan smoothness index juga menurun sebesar 0,87.
PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) is a sole agency and commercial vehicle producer for Isuzu's diesel engine along with it's component. IAMI Corp. have Assy Plant Pondok Ungu (APPU) which produce commercial vehicle (truck) N-Series variant (Light Truck/Category 2) and F-Series (Medium Truck/Category 3). Body Shop section of Production Division in Line Body Shop N-Series (Light Truck/Category 2) have unbalanced line because of non well-ordered workload as well as ill-conditioned psychological effect for operators so that line balancing is needed. Line balancing is assignment balancing for works elements of a line assembling to work station in order to minimalize idle time total in all work station for certain output level. The objective of this research are to balance the workload which allocated in some of work station, to maximize line efficiency value, to minimize balace delay value, and to minimize smoothness index value in production line. There are three method used, which are interview method, observation, and literature research. The obtained result from the line balancing is the rising of line efficiency as big as 0.43%, the declining of balance delay as big as 0.43%, as well as the declining of smoothness index as big as 0.87%.
Kata Kunci : PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Line Balancing.