Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Gigi metode Film animasi pada anak tunarungu terhadap peningkatan Pengetahuan Karies Gigi (kajian Pada SLB Tunarungu)
RIZKA AMALIYA, Dr.drg.Indah Titien S.,MS,Sp.KGA(K)
2015 | Skripsi | S1 ILMU KEPERAWATAN GIGIINTISARI Upaya untuk meningkatkan pengetahuan karies gigi pada siswa tunarungu dilakukan kegiatan penyuluhan kesehatan gigi, film animasi merupakan metode penyuluhan yang menarik dan dapat meningkatkan kemampuan berfikir serta berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan kesehatan gigi metode film animasi pada anak tunarungu terhadap peningkatan pengetahuan karies gigi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan Pretest-Posttest Group Design. Subjek penelitian sebanyak 32 di SLB B Karnnamanohara Yogykarta yang dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok 1 terdiri dari kelas III dan IV serta kelompok 2 terdiri dari kelas V dan VI. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Chi-Square. Prosentasi hasil kategori pengetahuan sebelum dan setelah penyuluhan kesehatan gigi kelompok 2 ( kelas V -VI) lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok 1 (kelas III-IV) sedangkan untuk hasil perubahan tingkat pengetahuan didapatkan hasil peningkatan pengetahuan pada kategori tinggi dan penurunan pada kategori rendah setelah dilakukan penyuluhan kesehatan gigi metode film animasi dengan sig. 0,037 yang artinya terdapat perbedaan pengetahuan yang bermakna sebelum dan sesudah penyuluhan kesehatan gigi metode animasi pada anak tunarungu. Kesimpulan: Terdapat peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut setelah diberikan penyuluhan kesehatan dengan metode film animasi pada anak tunarungu. Siswa kelas V-VI memiliki pengetahuan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas III-IV sebelum dan sesudah penyuluhan kesehatan metode film animasi.
ABSTRACT Efforts to improve the knowledge of dental caries in deaf students did dental health education activities, the animated film is an interesting extension methods and improve thinking ability and a positive effect on students' motivation. The purpose of this study was to determine effect of dental health education methods animated film on deaf children to increased knowledge of dental caries. This research was an experimental study with pretest-posttest quasi Group Design. The research subjects were 32 SLB B Karnnamanohara Yogyakarta divided into two groups, group 1 consists of class III and IV, and group 2 consisted of classes V and VI. Analysis was using Chi-square test. Percentage of category knowledge results before and after dental health education group 2 (class V -VI) higher compared with group 1 (class III-IV), while for the results of changes in the level of knowledge results obtained increased knowledge on the high category and a decrease in the low category after dental health education methods animated film with sig. 0,037 which means there are significant differences in knowledge before and after dental health education animation method on deaf children. Conclusions: An increased knowledge of oral health after a given health education to the animated film method on deaf children. Studen of class V-VI have higher knowledge than students of class III-IV before and after health education methods animated film.
Kata Kunci : Kata kunci: Penyuluhan Kesehatan Gigi, Metode Film Animasi, Anak Tunarungu, Peningkatan Pengetahuan Karies.