PERBEDAAN PENGARUH PENYULUHAN TEKNIK MENYIKAT GIGI HORIZONTAL MENGGUNAKAN ALAT PERAGADAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN PADA ANAK USIA 11 dan 12 TAHUN
DEWA AYU DEWI SUKMA PRATIWI, Prof. Dr. drg. Iwa Sutardjo Rus Sudarso, S.U., Sp.KGA(K) ; Dr.drg. Indah Titien S.,SU.,Sp. KGA (K)
2015 | Skripsi | S1 ILMU KEPERAWATAN GIGISalah satu cara untuk memberikan informasi atau pesan mengenai teknik menyikat gigi yaitu dengan memberikan penyuluhan. Anak laki-laki dan perempuan usia 11-12 tahun memiliki karakteristik dan daya tangkap yang berbeda terhadap suatu informasi. Adanya alat bantu penyuluhan seperti alat peraga dan media audiovisual diharapkan dapat membantu anak saat menyerap materi penyuluhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penyuluhan teknik menyikat gigi horizontal menggunakan alat peraga dan media audiovisual terhadap pengetahuan berdasarkan jenis kelamin dan usia (11-12 tahun). Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimental dengan pendekatan pretest-post test design. Subjek sebanyak 120 anak dibagi menjadi 4 kelompok berdasarkan jenis kelamin dan usia, masing-masing kelompok terdiri dari 30 anak. Hasil perhitungan analisis dengan menggunakan anava satu jalur(alfa lebih kecil atau sama dengan 0,05). Hasil penelitian ini menunjukan adanya perbedaan yang signifikan terhadap pengetahuan setelah diberikan penyuluhan menggunakan alat peraga dan audiovisual pada anak laki-laki dan perempuan usia 11-12 tahun. Kesimpulannya penyuluhan teknik menyikat gigi horizontal menggunakan alat peraga lebih baik terhadap peningkatan pengetahuan dibandingkan penyuluhan menggunakan media audiovisual berdasarkan jenis kelamin dan usia (11-12 tahun).
There is one way to provide an information or messages about brushing technique by provide a counseling. Child age 11-12 years have the characteristics and different perception about an information. The existence of such extension tools props and audiovisual media is expected to help the child on absorbing counseling materials. This study aims for knowing the difference influence of illumination horizontal brushing technique using props and audiovisual media for knowledge based on gender and age (11-12 years). This type of research use a quasy experimental pretest-posttest design approach. Subject were 120 childrens divided into 4 groups base on gender and age. Each group consisted of 30 childrens. The result calculated by used onewayanova. The result of this study showed a significant difference to knowledge after being given counseling used props and audiovisual on child age 11-12 years. Conclusion counseling of horizontal brushing technique using props better than using audiovisual to increase knowledge based on gender and age ( 11-12 years).
Kata Kunci : Alat Peraga, Audiovisual, Pengetahuan, Penyuluhan, Teknik Menyikat Gigi Horizontal, Jenis Kelamin, Usia 11-12 tahun