Sikap Konsumen terhadap Minuman Ringan Non Isotonik Mizone Fresin sebagai Brand Extension Mizone
SUSFIKA K NABILA, Pulung S Perbawani, S.I.P, M.M
2014 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASINilai yang ditawarkan dalam industri minuman ringan dewasa ini mampu menyentuh angka trilyunan rupiah. Tak pelak berbagai brand terus bermunculan untuk berlomba-lomba merebut pasar. Kemunculan sekian banyak brand tersebut tentu membuat persaingan menjadi semakin meluas dan menuntut setiap pemainnya untuk beradu strategi dalam mengelola brandnya. Salah satu strategi yang populer dan sering diterapkan adalah brand extension. Strategi ini mampu menjanjikan keuntungan besar, tetapi juga dibayangi oleh resiko yang besar pula karena harus mempertaruhkan nama besar parent brand. Dalam pelaksanaannya, Aqua pernah gagal ketika menghadirkan Aqua Splash of Fruit yang akhirnya Aqua Splash of Fruit tak dapat bertahan lama di pasar. Seakan masih merasa penasaran dengan Aqua Splash of Fruit, Aqua seolah mencoba menghadirkan kembali Aqua Splash of Fruit dalam balutan Mizone yang diberi nama Mizone Fresin. Kehadiran Mizone Fresin yang bukan merupakan minuman isotonik tentu mengagetkan Mizone yang selama ini dikenal sebagai minuman isotonik. Dengan demikian sikap konsumen sangatlah penting dalam melihat kemungkinan Mizone Fresin berkembang di pasar. Kecenderungan sikap yang terlihat dalam diri konsumen adalah kecilnya intension to buy terhadap Mizone Fresin dikarenakan konsumen tidak sepakat dengan rasa yang ditawarkan oleh Mizone Fresin.
Value that offered in soft drink industry is able to touch the figure of billions of dollars. Inevitably various brands emerge, do some innovation to win the market. The emergence of the many brands that would make the competition is becoming increasingly widespread and requires each player to compete in managing its brand strategy. One of popular strategy and frequently applied is brand extension. This strategy is able to promise huge profits, but also overshadowed by a greater risk of having to risk large parent brand name. In practice, Aqua ever failed when presenting Aqua Splash of Fruit. In that time Aqua Splash of Fruit can not last long on the market. As if still feel curious about the Aqua Splash of Fruit, Aqua just like trying to bring Aqua Splash of Fruit back under its sister brand maintenance, Mizone. This product called Mizone Fresin. Mizone Fresin totally different from Mizone that well known as isotonic drinks. Thus the consumer attitude is very important in view of the possibility of developing Fresin Mizone in the market. Very low intension to buy on Mizone Fresin has found in consumer self because the consumers do not agree with the flavor offered by Mizone Fresin.
Kata Kunci : Mizone, Mizone Fresin, brand extension