FUNGSI LAGU LATAR DALAM DRAMA GOD OF STUDY (GONGBU EI SIN): KAJIAN STRUKTURAL
HANINDYA NAAFIANI, Dr. Supriyadi, M.Hum.
2014 | Skripsi | S1 BAHASA KOREAAdegan pada drama tidak hanya memiliki dialog antartokoh untuk menyampaikan isi cerita. Namun, juga ada lagu latar yang mengiringi adegan-adegan pada drama. Lagu latar dan drama telah menjadi sebuah kesatuan. Skripsi yang berjudul �Fungsi Lagu Latar Dalam Drama God of Study(gongbu ei sin)� ini mengambil objek drama dan 11 lagu latar yang terdapat dalam drama God of Study(gongbu ei sin). Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis unsur-unsur yang membangun drama, makna pada lirik lagu, dan bentuk relasi antara lirik lagu dengan latar menggunakan pendekatan struktural. Ada dua teori struktural yang digunakan dalam penelitian yaitu teori struktural dari Robert Stanton untuk penelitian unsur instrinsik dan tema pada drama. Lalu, teori struktural Rachmad D. Pradopo untuk penelitian makna lagu latar pada drama. Latar belakang menggunakan lagu latar pada drama God of Study(gongbu ei sin) yaitu adanya hubungan keberagaman tema pada drama dengan setiap lagu latar. Tujuan dilakukannya penelitian relasi antara lirik lagu latar pada drama yaitu untuk menemukan bentuk-bentuk fungsi lagu latar pada drama. Kesimpulan yang didapat setelah melakukan analisis bahwa lagu latar berfungsi untuk mendukung tema dalam drama yaitu tema semangat juang meraih cita-cita, kasih sayang, dan persahabatan. Dalam hal ini, fungsi lagu latar berfungsi sebagai penegas suasana dalam adegan supaya adegan dalam drama tidak menjadi kaku. Fungsi lagu latar lainnya yaitu menjadi penghubung antaradegan, serta pengantar dialog baik awal, tengah, maupun akhir.
The research titled �The Function of Korean Drama Soundtrack in God of Study� was conducted by analyzing elements in drama, the meaning of lyrics, and how lyrics and scene in the drama were correlated. There were eleven songs in the drama which became the object of this research. Structural approach was used for the research. In this research used structural theory by Robert Stanton for analyzing elements and themes in drama. And also, strucrural theory by Rachmad D. Pradopo for analyzing the meaning of songs. Conversation between characters is not the only thing which contained in drama scenes. Soundtracks are also included. In other words, soundtrack and television drama have become unity; the two cannot be separated. Soundtracks in God of Study were chosen on the ground of themes diversity in television drama, both in story and background music. Ultimately, this research aims to seek the function of soundtrack in drama. The result of this research is that soundtrack does have power to represent themes of the drama, namely spirit to pursue dreams, love, and friendship. Soundtrack is indeed emphasizing the message of the scenes in drama and making it not awkward. The other functions of soundtrack are to connect scenes and smoothly delivering the dialogue during drama so that the audience can get a whole message.
Kata Kunci : : adegan, fungsi lagu latar, lirik lagu latar,struktural.