Laporkan Masalah

TEKNIK PENGAJARAN BAHASA KOREA BAGI CALON TENAGA KERJA INDONESIA DI LEMBAGA PELATIHAN DAN KURSUS SWASTA (LPKS) SONAGI CILACAP

SOFIYA APRILIANA, Ayu Merlita, S.S

2014 | Tugas Akhir | D3 BAHASA KOREA

Tugas Akhir yang berjudul Teknik Pengajaran Bahasa Korea Bagi Calon Tenaga Kerja Indonesia Di Lembaga Pelatihan dan Kursus Swasta (LPKS) Sonagi Cilacap ini merupakan laporan penelitian yang dilakukan sejak bulan Maret hingga April 2014 di LPKS Sonagi Cilacap bertujuan untuk mengetahui teknik pengajaran Bahasa Korea bagi calon tenaga kerja Indonesia di LPKS Sonagi Cilacap dan mengetahui kendala dalam metode pengajaran Bahasa Korea bagi calon tenaga kerja Indonesia di LPKS Sonagi Cilacap. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan guru di LPKS Sonagi Cilacap ada 4 metode dari total 6 macam metode pengajaran, yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi dan metode pengajaran praktik. Sedangkan dua metode lainnya tidak ditemukan di LPKS Sonagi Cilacap, yaitu metode kerja proyek dan metode diskusi. Pada kegiatan belajar mengajar ditemukan beberapa kendala. Kendala yang terjadi antara lain: siswa merasa jenuh, sesi tanya jawab terbatas, listrik padam, dan ruang untuk latihan CBT hanya bisa menampung beberapa siswa.

The final graduating paper entitle Korean Teaching Techniques For The Indonesia Labor Candidate in LPKS Sonagi Cilacap was a results report since 2014 of March until April in Sonagi Cilacap aims to find out what the teaching techniques for Indonesia labor in LPKS Sonagi Cilacap and problem of teaching in LPKS Sonagi Cilacap. This research was conducted by using the method of observations, interviews, and library studies. The research is result indicates there are four out of six teaching methods that used by teacher in LPKS Sonagi Cilacap are lecture method, question and answer method, method of demonstration, and method of teaching practice. Two other methods of teaching was not found in LPKS Sonagi Cilacap are project work method and the method discussion. Some obstacles can be found in learning and teaching activity. These obstacles are bored students, limitation of time and participation in question-answer is session, power outage, and limited space of CBT room that can only accommodate small amount of student at once.

Kata Kunci : metode pengajaran, teknik pengajaran, LPKS Sonagi Cilacap.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.