Laporkan Masalah

KONTEN RELIGI DAN SIKAP PEREMPUAN MUSLIMAH TERHADAP PRODUK BERLABEL HALAL (Studi Perbandingan Tentang Konten Religi di Televisi, Majalah, dan Radio Terhadap Sikap Perempuan Muslimah pada Produk Berlabel Halal di Kota Yogyakarta)

NINA INDAHSARI, Pulung Setiosuci Perbawani, SIP. MM

2015 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

ABSTRAK Media di Indonesia saat ini semakin marak menggunakan konten agama di dalam informasi yang mereka berikan. Pada awalnya, informasi yang mereka berikan hanya sebatas dengan cuplikan-cuplikan kecil, namun hal ini kemudian berubah menjadi identitas bagi media itu sendiri. Media massa yakni televisi, majalah, dan radio dengan karakteristiknya yang berbeda-beda memberikan dampak yang berbeda pula kepada setiap khalayak yang menerima pesan mereka. Fenomena maraknya konten agama di media ditemukan bersamaan dengan fanatisme masyarakat Indonesia akan label halal. Media memiliki kekuatan besar untuk dapat merubah sikap seseorang yang telah mendapatkan informasi dari media. Teori S-R digunakan di dalam penelitian ini untuk memahami bagaimana kemudian stimulus yang diberikan dari media tersebut mampu merubah sikap perempuan muslimah di Kota Yogyakarta akan produk berlabel halal. Dari hasil survey, diketahui bahwa perempuan muslimah yang mengakses media dengan konten religi lebih banyak dan sering atau mendapatkan stimulus yang lebih banyak akan cenderung mengikuti aturan untuk mengonsumsi produk berlabel halal. Televisi masih menjadi sebuah media terkuat yang memberikan pengaruh terbesar dilanjutkan dengan radio baru kemudian majalah. Radio merupakan media yang tidak diakses perempuan muslimah di Kota Yogyakarta sebanyak majalah, namun dari hasil survey mengatakan bahwa radio dengan konten religi yang diakses perempuan muslimah justru memberikan pengaruh yang lebih siginifikan kepada perempuan muslimah untuk mengonsumsi produk berlabel halal.

ABSTRACT Nowadays various media in Indonesia provide information for their viewers using religious content. Initially, the given information was only in small parts, but then it becomes an identity for those media. Mass media namely television, magazine, and radio with each distinct characteristics create different impacts to each person receiving the information. The phenomenon of religious content usage in media was found at the same time with Indonesians’ fanatism over halal certification. Media has strong power to change someone’s attitude throughout their information. S-R theory is applied in this research in order to comprehend of the stimulus given by the media is able to change muslimah women’s attitude in Yogyakarta towards halal certified products. As seen from the survey, it can be inferred that muslimah women who access more media with more frequency or received more stimulus will tend to follow the rules of consuming halal certified products. Television still becomes the strongest media that gives the strongest influence, followed by radio and magazine. Radio is a media which is not accessed as many as magazine by muslimah women in Yogyakarta, however the result shows that radio with religious content accessed by muslimah women gives more significant impact for them to consume halal certified products.

Kata Kunci : Studi Perbandingan, perempuan muslimah, attitude, produk berlabel halal