LAKI-LAKI METROSEKSUAL DAN PENGGUNAAN MEDIA SEBAGAI PENUNJANG GAYA HIDUP (Studi Etnografi terhadap Laki-laki Metroseksual di Yogyakarta)
TANTYA HAPSARI SUNDOYO, Pulung Setiosuci Perbawani, S.IP., M.M.
2014 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASILaki-laki metroseksual merupakan mereka yang memiliki kepedulian lebih kepada penampilan. Dalam memenuhi kebutuhan akan penampilan, gaya dan berbagai hal lain yang dapat menunjang gaya hidup metroseksual, laki-laki menggunakan media sebagai sumber informasi. Dengan berbagai media yang ada, laki-laki metroseksual sebagai audiens dapat terlibat secara aktif dalam menentukan pilihan media yang ingin digunakan sesuai dengan kebutuhannya. Oleh karena itu peneliti ingin berusaha mengetahui mengenai kecenderungan seleksi yang dilakukan oleh laki-laki metroseksual terkait penggunaan media yang berguna untuk menunjang gaya hidup. Dalam perilaku penggunaan media, pengaruh latar belakang sosial dan budaya menjadi hal-hal yang juga memperoleh perhatian. Etnografi dipilih sebagai metode yang digunakan untuk melihat manusia secara menyeluruh, termasuk melihat hubungan dengan latar belakang. Dinamika yang dilihat adalah keterkaitan antara gaya hidup metroseksual dan latar belakang sosial budaya dengan kecenderungan penggunaan media yang dapat menunjang kebutuhan akan gaya hidup. Makna menunjang gaya hidup dalam wacana ini merujuk juga kepada konsumsi. Dalam setiap hal terkait konteks gaya hidup, terdapat perilaku konsumsi yang mungkin dilakukan. Media menjadi agen yang hampir selalu digunakan sebagai sumber informasi dan referensi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui mengenai perilaku bermedia laki-laki metroseksual, terutama terkait dengan informasi yang dapat menunjang gaya hidup.
Metrosexual refers to the men that pay more attention to their looks and appearances. In order to fulfill their needs related to looks, styles and other things that could support his metrosexual lifestyle, men tend to use media as a source of information. As an audience, metrosexuals may actively involve in choosing the media that favor their needs the best from the large variety of media and technology. Thus this research tries to understand the tendency of media selection by metrosxual men that supports the lifestyle. The impression of their social and culture background is something that needs to be considered in media use. Ethnography is chosen as the best method to see human as a whole, it includes everything relates to the metrosexual men background to be considered. The highlighted dynamics of this research is the relation of the metrosexual and their lifestyle with their social culture background and their tendency of media use that supports the needs of the lifestyle itself. The supports in this discussion refers to the consumption process that might be done by the metrosexuals. In order to fill this, media has become one of the best source of information and references. This research tries to understand the media habit of metrosexual men, particularly about the use of information that may supports their lifestyle.
Kata Kunci : etnografi, metroseksual, media use, audiens, konsumsi