Laporkan Masalah

KAMPANYE SOSIAL TENTANG PERUBAHAN PESAN PERINGATAN BAHAYA MEROKOK (Studi Kasus Mengenai Kampanye Sosial Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Pada Pesan Peringatan Merokok Membunuhmu)

ROVINA SABDA PERTIWI, Drs. Widodo Agus Setianto M.Si

2014 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya perubahan pesan peringatan bahaya rokok dengan digunakannya kalimat Merokok Membunuhmu yang mengganti kalimat peringatan sebelumnya di berbagai iklan produk rokok dengan disertai penggunaan gambar-gambar peringatan pada kemasan produk rokok. Perubahan pesan ini kemudian juga dikampanyekan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kampanye sosial tentang perubahan pesan peringatan bahaya rokok oleh Dinkes Kota Yogyakarta yang diketahui melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kampanyenya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan bersifat deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 3 orang yang berasal dari internal Dinkes Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi nonpartisipan, dan studi kepustakaan. Teknik analisis menggunakan model interaktif yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan kampanye disusun berdasarkan evaluasi kegiatan kampanye sebelumnya untuk satu tahun anggaran dengan menyasar segmentasi remaja di usia sekolah dan masyarakat umum yang terbiasa dengan rokok di lingkungannya. Pelaksanaan kampanye berada dibawah kordinator Bagian Promosi Dinkes dengan menyampaikan pesan peringatan bahaya rokok yang baru menggunakan media massa dan nirmassa. Kegiatan kampanye di lapangan menggunakan konsep community deal di sekolah dan lingkungan RW. Evaluasi kampanye dilakukan melalui survey yang bekerjasama dengan Puskesmas.

This research is motivated by a changes in smoke warning messages with "Smoking kill" phrase, that replace the previous warnings sentence in a variety of tobacco ads and accompanied with warning pictures on the packaging of tobacco products. The changes in the message then also campaigned by Public Health of Yogyakarta. Therefor, this study aims to determine the social campaign about the warning of smoking dangers messages by Public Health of Yogyakarta is known through the planning, implementation and evaluation of the campaign. This study use a qualitative approach and case study method. 3 Subjects from the internal Public Health of Yogyakarta. Data collected through interviews, nonparticipant observation, and literature study. Data analysis use an interactive model with data reduction, data presentation, and conclusion (verification). Validity test through source triangulation. The results showed that the campaign planning is based on the evaluation of the previous campaign activities for the fiscal year with a segmentation targeting teenagers at school age and the general public who has an habit smoking in their environment. Implementation of the campaign under Promotion Section as a Coordinator and spread the new messages using mass media and personal media. Campaign activities using the concept of community deal in the school and the environment (RW). Evaluation is done through a survey campaign in cooperation with the Health Center.

Kata Kunci : Kampanye sosial, manajemen kampanye, pesan, peringatan bahaya rokok, Social campaigne, campaign management, message, the dangers of smoking messages


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.