ANALISIS DAN MANFAAT RISIKO E-COMMERCE TERHADAP BELANJA ONLINE (KEMUDAHAN, KEGUNAAN, KEAMANAN, PENGETAHUAN INTERNET, RISIKO DAN KEPERCAYAAN)
SHEILA NURRIZKI SALSABILA, Sony Warsono, Dr. MAFIS., Ak.
2014 | Skripsi | S1 AKUNTANSIBerdasarkan observasi peneliti tentang aktifitas belanja online yang dilakukan mahasiswa-mahasiswi Jogja menunjukkan adanya motivasi akan kebutuhan barang dan kemudahan yang disediakan online shop sehingga mendorong mahasiswa-mahasiswi tersebut untuk memanfaatkan online shop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh risiko e-Commerce: kegunaan, kemudahan, risiko internet, kepercayaan, keamanan dan pengetahuan internet terhadap pembelanjaan online. Variabel terdiri dari dependen dan independen. Pengumpulan data dari sekitar 200 responden dilakukan dengan mengisi kuesioner. Masing-masing indikator dari variabel dependen dan independen diberi nilai dengan menggunakan skala likert. Olah data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan AMOS 19. Hasilnya, faktor kemudahan berhubungan positif dengan kegunaan, kemudahan dan kegunaan berpengaruh positif terhadap belanja online. Risiko berpengaruh negatif terhadap belanja online. Kepercayaan berpengaruh negatif terhadap risiko. Keamanan berpengaruh positif terhadap kepercayaan dalam belanja online. Pengetahuan internet berpengaruh positif terhadap kepercayaan konsumen dalam berbelanja online.
Based on the observations of researchers in online shopping activities done by Jogja students shows the motivation of the needs of goods and services provided online shop that encourage students to take advantage of online shop. This research aimed to understand how large the influence of e-commerce risks: uses, ease, internet risk, trust, security and internet knowledge towards online shopping consists of dependent and independent variable. The data collection about 200 respondents was done by filling questionnaires. Indicators of each dependent and independent variables were given score using likert scale. Data investigation used Structural Equation Model (SEM) with AMOS 19. The result is easiness factor positively related to uses, ease, and uses positively affects towards online shopping. Risks negatively affects towards online shopping. Internet knowledge positively affects towards consumers’ trustworthy in online shopping.
Kata Kunci : kegunaan, kemudahan, risiko internet, kepercayaan, keamanan, pengetahuan internet, pembelanjaan online.