HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN SIKAP TERHADAP SKRIPSI DENGAN KESIAPAN MENGHADAPI SKRIPSI PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS GADJAH MADA
NABILA MUTHI KARIMAH, Budi Andayani, Dra., M.A
2015 | Skripsi | S1 PSIKOLOGITujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat kemandirian belajar dan sikap terhadap skripsi dengan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi skripsi pada mahasiswa Psikologi Universitas Gadjah Mada. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya hubungan antara kemandirian belajar dan sikap terhadap skripsi dengan kesiapan menghadapi skripsi.Subjek pada penelitian ini 130 mahasiswa Psikologi Universitas Gadjah Mada angkatan 2009-2011 yang terdaftar sebagai peserta workshop penulisan skripsi pada semester ganjil 2014/2015. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu skala kemandirian belajar , skala sikap terhadap skripsi dan skala kesiapan menghadapi skripsi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang positif antara kemandirian belajar dan sikap terhadap skripsi dengan kesiapan menghadapi skripsi (R=0, 587, R Square = 0,345, p=0,001). Penelitian ini mengemukakan bahwa kemandirian belajar dan sikap terhadap skripsi berpengaruh dalam meningkatkan kesiapan menghadapi skripsi, namun sikap terhadap skripsi menjadi prediktor yang lebih kuat pengaruhnya dari pada kemandirian belajar dalam kesiapan menghadapi skripsi pada mahasiswa fakultas psikologi Universitas Gadjah Mada. Kata kunci: Kemandirian belajar, Kesiapan menghadapi skripsi, Sikap terhadap skripsi
This study aimed to examine the relationship between undergraduate students readiness for thesis writing and its two predicting variables which are autonomy learning and attitude toward thesis. It is expected that the higher the score of the predicting variables, the higher students ready to write on their thesis. The data were collected from 130 undergraduate students from Faculty of Psychology Universitas Gadjah Mada who attended workshop on thesis writing. Autonomy Learning Scale, Attitude Toward Thesis scale, and Readiness for Thesis scale were used to measure the variables. Based on multiple regression analysis, a significant positive correlation between students readiness for thesis writing, autonomy learning, and attitude toward thesis was obtained (R=0, 587, R Square = 0,345, p=0,001). Furthermore, this study also indicates that students attitude toward thesis predicted their readiness more than students ability to regulate their learning behavior. Keywords: attitude towards thesis, autonomy learning, readiness for thesis writing
Kata Kunci : Kemandirian belajar, Kesiapan menghadapi skripsi, Sikap terhadap skripsi