PANDUAN PEMILIHAN TEKNOLOGI INFRASTRUKTUR KERETA API (Studi Kasus: Perencanaan Jalur Kereta Monorail Jakarta - Serpong)
AGNESIA DWININGSIH, Prof. Dr. Tech. Ir. Danang Parikesit, M. Sc.
2015 | Skripsi | S1 TEKNIK SIPILPerkembangan transportasi kereta api mengalami kemajuan dalam berbagai aspek. Berbagai tipe kereta api dikembangkan dalam segi teknologi infrastruktur untuk menunjang operasional kereta api. Transportasi kereta api yang didukung dengan infrastruktur yang sesuai, diharapkan dapat menambah keandalan sebagai angkutan publik yang bersifat massal. Pertimbangan dalam pemilihan tipe kereta api dilakukan melalui studi literatur dari setiap jenis kereta api disesuaikan dengan aspek pengembangan tata kota, geografis, kapasitas angkut, kecepatan rencana, isu lingkungan, kerentanan bencana, dan isu sosial. Selanjutnya dapat didesain struktur pendukung sebagai tempat berjalannya kereta api baik di permukaan tanah, di atas tanah, atau di bawah tanah. Kriteria desain struktur pendukung mengacu pada kemampuan tipe kereta api yang dipakai. Kerentanan bencana yang dapat terjadi pada struktur pendukung dianalisis sebagai bahan pertimbangan dalam desain serta mitigasi yang perlu dilakukan. Penerapan pemilihan teknologi infrastruktur selanjutnya dilakukan pada perencanaan jalur kereta api Jakarta � Serpong. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi panduan pemilihan awal untuk memilih tipe dan teknologi kereta api yang akan dibangun pada suatu trase jalur kereta. Pemilihan tipe kereta api pada jalur baru ini didapatkan kereta monorail sebagai tipe yang cocok untuk diaplikasikan. Struktur pendukung digunakan struktur permukaan tanah dan diatas tanah.
Railway transportation growing rapidly in many aspects. Various types of trains are developed in terms of technology infrastructure to support railway operational. Railway transportation with appropriate infrastructure and technology expected to gain railway reliability in public transportation. Consideration in selecting the type of train is done through the study of literature of any kind of train depends on the aspect like urban planning, geographical features, capacity, speed, environmental condition, disaster probabilities, and social issue. Furthermore, the supporting structure can be designed elevated, at grade, or underground. Design criteria for each type refers to the ability each vehicle. Supporting structure also analyzed from disaster vulnerabilities that can occur in the supporting structure as a material consideration in the design and mitigation. Application of technology selection is applied on the infrastructure planning railway lines Jakarta � Serpong. The result from this assesment could be a preliminary assesment for selecting type of railway infrastructure and technology to build in raiway track. Assesment for Jakarta � Serpong new lines is monorail vehicles. Supporting structure recommended to build in elevated structure and some parts at gradewith the vulnerabilities of land subsidence, floods and earthquakes that occurred in the structure.
Kata Kunci : Kereta Api, Teknologi, Infrastruktur, Monorail, Jakarta, Serpong