Laporkan Masalah

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PUBLIK TERKAIT TRANSPORTASI PUBLIK MENGURANGI KEMACETAN DI KOTA YOGYAKARTA

RAJIB RAMADHAN, Mailinda Eka Yuniza, S.H., LL.M.

2014 | Skripsi | S1 ILMU HUKUM

Intisari Sejak dikeluarkannya kebijakan mobil ramah lingkungan dengan harga ekonomis menimbulkan dampak positif dan negatif. Dampak positifnya yang mungkin adalah penghasilan pajak negara dari otomotif akan bertambah, masyarakat golongan ekonomi menengah akan merasakan memiliki mobil baru dengan harga terjangkau, sebagian pengguna sepeda motor mungkin akan beralih ke mobil murah. Dampak negatif yang mungkin timbul adalah meningkatnya kepemilikan mobil pribadi yang tentunya juga akan meningkatkan penggunaan kendaraan empat di jalan yang berakibat meningkatnya kepadatan lalu lintas. Dampak tersebut menjadi dampak negative tehadap kota Yogyakarta yang menjadi padat lalu lintas. Penelitian ini untuk mengetahui kebijakan publik terkait transportasi publik mengurangi kemacetan di Kota Yogyakarta serta implementasi di lapangan dan kendala dalam implementasi dilapangan. Penelitian ini penelitian normatif empiris, mengunakan metode wawancara dengan mengajukan pertanyaan secara langsung dalam bentuk wawancara terarah dengan tidak menutup kemungkinan terjadi Tanya jawab secara bebas dengan tetap berpedoman pada masalah yang diteliti dan hasil wawancara yang relevan dengan masalah yang diteliti akan dijadikan sample dalam penelitian ini. Dan Data-data yang sudah terkumpul akan dianalisa dengan metode kualitatif. Analisis data kualitatif adalah upaya yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, membandingkan menjadi satuan yang dapat dikelola, mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari dan memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain. Maka hasil penelitian yang diperoleh adalah pemerintah kota Yogyakarta menurut Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah untuk mengatasi kemacetan di Kota Yogyakarta yaitu menambahi prasarana jalan, dengan membuat jalan ataupun memperlebar ruas jalan dan memperbaiki sistem tranportasi yang sudah ada yaitu TransJogja. Pelaksanaan di lapangan belum di jalankan untuk penambahan ruas jalan dikarenakan sulitnya pembebasan lahan untuk membangun jalan raya sedangkan untuk TransJogja sedang diperbaiki manejemennya dengan melakukan penambahan shelter di titik yang belum ada. Kata kunci : Kebijakan, Transportasi, Kemacetan.

Since the new policy environmentally friendly cars at the price of economical positive and negative impacts .The impact of positive that may be provides an income to increase the state tax of automotive , the community the middleclass group will enjoy having a new car with reachable price , users may be some motorcycles can be moved to cheap car .The negative impact that may incur is the increase in ownership of private cars of course will also increase the use of a vehicle on four in a way that result in an increase traffic congestion .The impact would be the impact of negative tehadap the city of yogyakarta which become solid traffic . This research to find out public public policy related to transportation reduce traffic congestion in the city of yogyakarta in the field as well as the implementation of and constraint in dilapangan implementation .This research normative empirical research , use a method of interview by asking a direct question in the form of directed interview with not closing a possible question and answer freely with stays guided to the problem at screened and the results of interviews that relevant to a matter will be used as a study covering sample in this research .And the data have been collected were analysed using a qualitative methodology will .Qualitative data analysis is the efforts made to the work with the data , organize data , compare become a unit of that can be administered , search and discover patterns , find out what is important and what learned and deciding what might be shared to others Hence the research results obtained was that the government of the city of yogyakarta according to the midterm regional development to address traffic congestion in the city of yogyakarta namely add to the road infrastructure , by making the road nor widen roads and improving transportation system existing namely transjogja .Implementation in the field not yet on the run for the addition of roads because of the difficulty of land acquisition to build a highway while for transjogja being corrected management done by adding shulter in point that there has been no The keywords: policies, transport, traffic jam

Kata Kunci : Kebijakan, Transportasi, Kemacetan/ policies, transport, traffic jam


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.