Laporkan Masalah

PENGARUH EDUKASI MENGGUNAKAN BUKU SAKU TERHADAP KECEMASAN ORANG TUA DARI ANAK DENGAN LEUKEMIA LIMFOBLASTIK AKUT (LLA)

ENI RAHMAWATI, DR. Indria Laksmi Gamayanti, M.Si., Psi.

2015 | Tesis | S2 Keperawatan

Latar Belakang : Orang tua dari anak dengan Leukemia Limfoblastik Akut (LLA) sering mengalami gangguan psikologi, terutama kecemasan. Kecemasan dapat berdampak buruk pada kesehatan orang tua dan kondisi anak. Tujuan : Melihat pengaruh edukasi menggunakan buku saku terhadap kecemasan orang tua dari anak LLA. Selain itu untuk melihat pengaruh antara usia, jumlah anak, pendidikan, pekerjaan serta lama pengobatan dengan kecemasan. Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment pre test-post test without control group. Sampel penelitian berjumlah 28 orang tua dari anak dengan LLA di RSUD Dr. Moewardi Surakarta dan wawancara mendalam dilakukan terhadap 3 responden yang merupakan sampel kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 17 Juli sampai 30 September 2014. Instrumen kecemasan terdiri dari 31 pernyataan valid dan reliabel yang dibuat secara spesifik untuk kecemasan orang tua dari anak dengan LLA. Efek dari edukasi diukur setelah hari ke 18 dari waktu perlakuan. Responden mendapatkan edukasi dalam 2 sesi, setiap sesi memiliki durasi 20–30 menit. Materi yang diberikan meliputi LLA dan strategi mengatasi kecemasan. Hasil : Berdasarkan analisis statistik paired sample t test di dapatkan perbedaan nilai rata-rata kecemasan sebelum dan setelah edukasi dari 73,1 menjadi 66,6 dan rata-rata penurunan cemas adalah 6,5 (p=0,02, p<0,05). Perubahan tingkat kecemasan responden sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berhubungan negatif dengan usia responden (p=0,024) dan tidak ada pengaruh antara jumlah anak, pendidikan, pekerjaan dan lama pengobatan terhadap kecemasan (p>0,05). Kesimpulan : Terdapat pengaruh edukasi menggunakan buku saku terhadap kecemasan orang tua dari anak LLA.

Background: Parents of children with Acute Lymphoblastic Leukemia (ALL) often experience psychological disorders, mainly of anxiety. Anxiety can have a bad impact on the health of parents and the child's condition. Objective: To see the effect of education using a pocket book against the anxiety parents of children with ALL. In addition to looking at the effect age of parents, number of children, education, employment and and length of treatment to anxiety. Material and Method: This study used quantitative and qualitative approaches with quasi eksperiment pre test-post test without control group design. The research sample amounted to 28 parents of children with ALL in the Dr. Moewardi General Hospital Surakarta and in-depth interviews conducted on 3 respondents were included in the quantitative sample. The data collection conducted on 17 July until 30 September 2014. Anxiety instrumen consists of 31 statements valid and reliable that created specifically for anxiety parents of children with acute lymphoblastic leukemia. The effect of education measured after day 18 from the treatment time. Respondents are educated in two sessions with a time of 20-30 minutes each session. Materials provided include acute lymphoblastic leukemiand strategies to overcome anxiety. Results: Based on the statistical analysis of paired sample t test in get difference the average value of anxiety before and after the education from 73.1 to 66.6 and average reduction of anxiety was 6.5 (p= 0.020, p<0.05). Changes in the level of anxiety of respondents before and after treatment is corelate with age of the respondents (r=0.024) and there is no effect on the number of children, education, employment and length of treatment to anxiety. Conclution: The results showed there are significant educational use pocket book to anxiety parents of children acute lymphoblastic leukemia.

Kata Kunci : cemas, leukemia limfoblastik akut (LLA), orang tua, dan edukasi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.