PERANCANGAN SISTEM TRANSMISI CHAIN AND SPROCKET UNTUK PENGEMBANGAN MEDIA PENDIDIKAN DAN PENELITIAN KENDARAAN LISTRIK
WARSONO, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D.
2015 | Tesis | S2 Ilmu LingkunganPerkembangan teknologi kendaraan listrik pada era sekarang ini semakin cepat berkembang, kendaraan listrik atau electric Vehicle adalah salah satu pilihan alternative transportasi yang ramah lingkungan murah dan tidak menghasilkan polusi udara. Rancangan sistem transmisi dengan chain and sprocket pada sepeda listrik merupakan teknologi yang sederhana, tidak mencemari lingkungan lebih hemat energi dengan harga yang terjangkau oleh berbagai kalangan dan berwawasan lingkungan (sustainability development). Teknologi ini dirancang bagi suatu masyarakat tertentu agar dapat disesuaikan dengan aspek-aspek lingkungan, dan ekonomi masyarakat yang bersangkutan serta prospek pengembangan ke depan. Sistem transmisi chain-sprocket pada sepeda listrik diharapkan dapat menempuh jarak yang lebih jauh dan hemat penggunaan baterai. Penelitian ini dibagi menjadi 2 tahap, tahap pertama yaitu merancang sprocket depan sebagai penggerak sprocket belakang dengan kondisi awal sprocket depan pada saat dikayuh ke belakang antara chain dan sprocket –nya akan ikut berputar dimodifikasi menjadi free wheel untuk putaran ke belakang disamping itu sprocket depan akan digerakan oleh sprocket yang berada di dinamo motor sebagai penggerak dengan demikian sprocket depan yang ada di sepeda listrik berfungsi ganda sebagai penggerak dan yang digerakkan. Tahap kedua adalah mengubah dari sepeda kayuh dikombinasikan dengan dinamo motor sebagai penggeraknya, dengan menggunakan dinamo motor bertegangan 24 volt DC daya sebesar 350 watt, baterai dengan tegangan 24 volt dengan arus sebesar 14,4 Amper. Transmisi dengan tiga tingkat kecepatan dengan perubahan jumlah gigi berada di paling belakang dan menyatu dengan roda belakang. Rancangan sistem transmisi chain and sprocket dapat menghasilkan torsi 4,22 Nm pada tingkat kecepatan satu digunakan untuk start awal kendaraan mulai jalan. Pada kecepatan di atas 20 km/jam torsi sebesar 2,46 dicapai dengan tingkat kecepatan tiga. Dengan waktu yang sama perbandingan jarak tempuh antara tingkat kecepatan satu dan tiga jarak adalah 7.10 km dengan asumsi kecepatannya 10 km/jam dengan 25 km/jam sedang kecepatan maksimum yang dicapai tingkat kecepatan satu dan tiga adalah 14.3 km/jam dan 41,7 km/jam.
The development of electric vehicle technology in today's increasingly fast growing, electric vehicles or electric Vehicle is one of the options that are environmentally friendly transportation alternative cheap and does not produce air pollution. The design of the transmission system with a chain and sprocket on the electric bicycle is a technology that is simple, does not pollute the environment more energy efficient at an affordable price by various groups and environmental (sustainability development). This technology is designed for a particular community in order to adapt to the environmental aspects, and economic communities concerned and the prospects for future development. Chain-sprocket transmission system in electric bicycles is expected to cover a longer distance and efficient use of the battery. This study is divided into two stages, the first stage is to design the front as the driving sprocket rear sprocket with the initial condition at the time dikayuh front sprocket to the rear between the chain and its sprockets will be modified into a free spins round to the back wheel in addition to the front sprocket will be moved by sprocket is located in the motor armature thus driving the front sprocket is in double electric bicycle as a driver and the driven. The second stage is the change of the bike paddle combined with the motor armature as driving, using motor armature voltage 24 volt DC power of 350 watts, the battery voltage is 24 volts with a current of 14.4 amperes. Transmission with three speed levels with changes in the number of teeth is in the very back and blend with the rear wheel. The design of chain and sprocket transmission system can produce a torque of 4.22 Nm at the rate of first speed level is used to start the vehicle started way early. At speeds above 20 km / h torque of 2.46 is achieved with three speed levels. Comparison with the same time the distance between one and three speed levels is 7.10 km distance assuming the speed of 10 km / h to 25 km / h is the maximum speed attained level one and three speed is 14.3 km / h and 41.7 km / hours.
Kata Kunci : Kendaraan listrik, Transmisi chain and sprocket, Torsi