Laporkan Masalah

Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Lokal: Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Suara Surabaya Periode 2010-2014

RANDIE WILLIAM K., Dr. Phil. Ana Nadhya Abrar, M.E.S.

2015 | Tesis | S2 Ilmu Komunikasi

Minat khalayak dalam mendengarkan radio saat ini mulai menurun, hal tersebut karena memasuki era digital khalayak cenderung memilih mengakses informasi dan hiburan di media baru yaitu internet. Penurunan pendengar radio tersebut dirasakan dikota besar seperti Surabaya dan berdampak pada menurunya pendengar radio Suara Surabaya sebagai media penyiaran. Melihat masalah tersebut peneliti menganggap penelitian ini penting dilakukan untuk membedah bagaimana strategi komunikasi pemasaran radio Suara Surabaya periode 2010- 2014. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh radio Suara Surabaya. Selain itu penelitian juga menganalisis strategi komunikasi radio Suara Surabaya dalam menarik audien dan pengiklan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus untuk menemukan jawaban atas rumusan masalah yang diajukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaran radio Suara Surabaya periode 2010-2014 banyak mengalami perubahan dalam menghadapi incoming generation, namun dari sisi produk ternyata Suara Surabaya belum berhasil menarik audiens muda untuk menjadi pendengarnya melalui produk programnya meski SS sudah menyesuaikan kontennya dengan memberikan sentuhan yang lebih segar. Dari hasil temuan dan analisis, peneliti merekomendasikan agar dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai riset pendengar untuk mengetahui apa yang menjadi harapan audiens dari mendengarkan radio SS. Kata Kunci : Radio, strategi komunikasi pemasaran, pendengar radio, incoming generation, radio di era digital

Public interest in listening to the radio at this time began to decline, it is because in the digital age audiences prefer to access information and entertainment on the Internet as a new medium. Declining radio listeners also have an impact on the decrease of radio listeners Suara Surabaya as broadcast media. Looking at the problem this research is important to analyze how radio marketing communications strategy Suara Surabaya in 2010-2014. The purpose of this research to determine how marketing communications strategy Suara Surabaya radio. The study also analyzes communication strategy Suara Surabaya radio to attract audience and advertisers. This research is a descriptive qualitative and the research use case study methods to find an answers of the research problem. Based on the results of this study concluded that marketing communications strategy of Suara Surabaya in 2010-2014 has changed to face a presence of incoming generation, but the products is not successful to attract young audience become listeners, although SS renewed their product. Researchers recommend further research on audience research to find out what the expectations of the audience listening to the SS radio

Kata Kunci : Radio, strategi komunikasi pemasaran, pendengar radio, incoming generation, radio di era digital;


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.