Laporkan Masalah

Pemodelan perilaku pemilihan pola perjalanan di pagi hari (Studi Kasus Kota Yogyakarta)

SLAMET ANOM SUSILO, Dr. Eng. Muhammad Zudhy Irawan, ST., MT.

2015 | Tesis | S2 Sistem dan Teknik Transportasi

Perilaku perjalanan individu atau perorangan yang bersifat komuter dari rumah ke tempat kerja atau sebaliknya dapat dijadikan dasar dalam peramalan terhadap pola perjalanan. Dengan memahami pola perjalanan individu atau perorangan diharapkan dapat membantu dalam Travel Demand Management (TDM) atau manajemen kebutuhan perjalanan. Faktor yang mempengaruhi perilaku atau pola perjalanan komuter bisa datang dari faktor internal pelaku perjalanan seperti kondisi sosial ekonomi atau dapat juga disebabkan oleh faktor eksternal seperti kondisi lalu lintas (Khisty 1998). Sehingga diperlukan pendekatan yang menyeluruh terhadap faktor-faktor tersebut dikarenakan antara faktor internal dan eksternal mempunyai kaitan yang erat antara yang satu dengan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengenali pola perjalanan di pagi hari pekerja sebelum bekerja; memperkirakan pengaruh variabel sosial ekonomi dan karakteristik jaringan pada perilaku perjalanan pekerja selama periode sebelumkerja (pre-work); mengusulkan model keputusan pekerja selama periode sebelumkerja, apakah akan mempengaruhi pola lalu lintas secara umum di kota Yogyakarta. Dari hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa tipe perjalanan yang lebih dominan berdasarkan perilaku pelaku perjalanan komuter di pagi hari adalah Tipe 2. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu selisih waktu masuk kerja, waktu tempuh dan waktu tunggu.

Travel behavior of individuals who are commuting from home to work or vice versa can be used as a basis for forecasting the travel patterns. By understanding the travel patterns of individuals or individuals are expected to assist in the Travel Demand Management (TDM). Factors that influence the behavior or pattern of commuting can come from internal factors traveling performers such as socio-economic conditions or it can also be caused by external factors such as traffic conditions (Khisty 1998). Thus required a comprehensive approach to these factors due to the internal and external factors have a close connection between one and the other. The purpose of this research is to identify the morning travel patterns of workers before work; estimate the influence of socioeconomic variables and network characteristics on travel behavior of workers during the period beforework (pre-work); proposed model of decision-worker during the period prior to work, whether it will affect the pattern traffic in general in Kota Yogyakarta. The research concluded that the more dominant type of trip based on the behavior of agents in the morning commuting is Type 2. The factors that affect the difference in time to come to work, travel time and waiting time.

Kata Kunci : komuter, perjalanan di pagi hari, pre-work, tipe perjalanan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.