PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN GEJALA KECEMASAN WANITA PREMENOPAUSE
SRIMIYATI, Prof. dr. Mohammad Hakimi, Sp.OG(K), Ph.D.
2014 | Tesis | S2 KeperawatanLatar belakang: Menopause merupakan fase berhentinya siklus menstruasi secara alami pada setiap wanita dan dapat menyebabkan kekhawatiran karena pada saat menopause seorang wanita akan mengalami gejala-gejala, baik gejala fisik maupun gejala psikologis. Di Indonesia gejala kecemasan berat pada masa perimenopause sebesar 35,5%. Pendidikan kesehatan salah satu cara memberikan informasi kepada wanita premenopause sebagai upaya membantu wanita premenopause untuk mengerti, memahami perubahan-perubahan yang mungkin akan terjadi pada dirinya ketika mengalami menopause. Memahami menopause secara baik diharapkan dapat mengurangi kecemasan menjelang menopause. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan booklet terhadap pengetahuan dan penurunan gejala kecemasan wanita premenopause. Metode: Desain penelitian ini pra-eksperimental one group pretest-posttest design. Subyek penelitian wanita premenopause usia 40-55 tahun. Pemilihan sampel secara random menggunakan teknik multistage sample. Besar sampel 100 responden sesuai kriteria inklusi dan eksklusi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data diolah menggunakan program komputer. Uji Wilcoxon dan pair sample t-test digunakan untuk analisis statistik dengan tingkat kemaknaan 0,05 dan interval kepercayaan sebesar 95%. Hasil: Terdapat perbedaan skor pengetahuan antara sebelum dibandingkan dengan sesudah dan perbedaannya bermakna secara statistik p<0,005. Terjadi penurunan skor kecemasan sesudah pendidikan kesehatan dibanding dengan sebelum, secara statistik penurunannnya bermakna. Kesimpulan: Pendidikan pendidikan kesehatan menggunakan booklet berpengaruh bermakna meningkatkan pengetahuan dan menurunkan gejala kecemasan wanita premenopause di wilayah kerja Puskesmas Minggir. Kata kunci: wanita premenopause, pendidikan kesehatan, pengetahuan, kecemasan
Background: Menopause is cessation menstrual cycle phase naturally on every woman and can cause concern because at the time of menopause woman will experience symptoms, both physical symptoms and psychological symptoms. In Indonesia, severe anxiety symptoms during perimenopause by 35.5%. Health education one way of providing information to premenopausal women as an attempt to help premenopausal women to understand, comprehend changes that will probably happen to him when experiencing menopause. Understanding menopause is well expected to reduce anxiety menopause. Objective: To determine the effect of health education using the booklet to the knowledge and reduction of anxiety symptoms premenopausal women. Method: The research design is pre-experimental one-group pretest-posttest design. Research subjects premenopausal women age 40 to 55 years. The selection of random samples using the technique of multistage sample. Sample size of 100 respondents based on inclusion and exclusion criteria. Collecting data using questionnaires. Data is processed using a computer program. Wilcoxon test and pair sample t-test was used for statistical analysis with a significance level of 0.05 and a confidence interval of 95%. Result: There are differences in knowledge scores between before compared to after and the difference was statistically significant p <0.005. A decline in anxiety scores after health education compared with before, statistically significant decline. Conclusion: Health education using booklet influence significantly increase knowledge and reduce symptoms of anxiety premenopausal women in Minggir Primary Health Care. Keywords: premenopausal women, health education, knowledge, anxiety
Kata Kunci : wanita premenopause, pendidikan kesehatan, pengetahuan, kecemasan; premenopausal women, health education, knowledge, anxiety