Potensi Museum Wayang Kekayon Dan Upaya Peningkatannya Sebagai Daya Tarik Wisata Budaya
TYAS WINDU MANISA, Fahmi Prihantoro, S.S, S.H, M.A ; Popi Irawan, S.S. M.Sc ; Dr. Wiwik Sushartami, M,A
2014 | Skripsi | PARIWISATAPOTENSI MUSEUM WAYANG KEKAYON DAN UPAYA PENINGKATANNYA SEBAGAI DAYA TARIK WISATA BUDAYA INTISARI Museum Wayang Kekayon merupakan salah satu daya tarik wisata budaya di Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki fungsi reservasi, konservasi, koleksi, rekreasi dan edukasi. Namun, dalam perkembangannya kunjungan wisatawan ke Museum Wayang Kekayon masih sangat rendah dibandingkan dengan daya tarik wisata lainnya di daerah Istimewa Yogyakarta, untuk itu diperlukan adanya upaya peningkatan dengan menjalankan strategi pengelolaan yang tepat agar Museum Wayang Kekayon dapat menjalankan fungsinya dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Potensi Museum Wayang Kekayon sebagaidaya tarik wisata budaya, (2) faktor-faktor yang menjadi pendorong dan penghambat upaya meningkatkan pengelolaan Museum Wayang Kekayon sebagai daya tarik wisata budaya, dan (3) strategi pengembangan yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan pengelolaan Museum Wayang Kekayon sebagai daya tarikwisata budaya. Dalam upaya membedah permasalahan tersebut digunakan teori manajemen (pengelolaan) dan teori SWOT. Data dikumpulkandengan metode observasi, wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif serta analisis SWOT.Faktor pendorong upaya pengelolaan Museum Wayang Kekayon dalam penelitian ini adalah berbagai kekuatan dan peluang (strengths & opportunities) yang dimiliki dalam pengelolaan Museum Wayang Kekayon, sedangkan faktor penghambat upaya pengelolaan dalam penelitian ini adalah berbagai kelemahan dan ancaman (weaknesses & threats) yang dihadapi dalam pengelolaan Museum Wayang Kekayon sebagai daya tarik wisata budaya. Hasil analisis data dengan análisis SWOT menghasilkan strategialternatif (alternative strategy) pengelolaan Museum Wayang Kekayon sebagai daya tarik wisata budaya yaitu berupa berbagai program strategi, seperti : strategi pengembangan produk wisata, strategi kemitraan, strategi penyajian interaktif, strategi peningkatan keamanan,strategi pengembangan sarana dan prasarana pokok maupun sarana penunjang kepariwisataan di sekitar museum, strategi pemasaran, serta strategi pengembangan sumber daya manusia dan lembaga pengelola Museum Wayang Kekayon Hasil penelitian menunjukanbahwa Museum Wayang Kekayon memiliki potensi daya tarik wisata yang harus diimbangi dengan pengelolaan museum yang baik. Pengelolaan museum tersebut meliputi: a) Kebijakan umum, b) Organisasi, c) SDM, d) Pendanaan, e) Bangunan, dan f) Pengamanan.
THE POTENTIAL OF KEKAYON PUPPET MUSEUM AND THE EFFORT TO INCREASE IT AS A CULTURAL TOURISM ATTRACTION ABSTRACT Kekayon Puppet Museum is one of the cultural tourism in GunungKidul regency Special Districkof Yogyakarta which has reservation, conservation, collection, recreation, and education functions. However, in its development the number of visitors is very low compared to other tourist attraction in Special District of Yogyakarta, for that reason we need more effort to raise the number of its visitors by applying the right management strategy so that Kekayon Puppet museum is able to run its function optimally. The aims of this research are to acquire: (1) The potential of Kekayon Puppet Museum as a culturaltourist attraction, (2) supporting factors and barriers of the effort to raise the management of Kekayon Puppet Museum as a cultural tourism (3) Development strategy that can be implemented to raise the management of Kekayon Puppet Museum as a cultural tourism. In the effort to solve those problems, management theory and SWOT theory is used in this research. Data are collected by observation, interview, and study of library. The techniques of data analysis in this research are descriptive analysis, qualitative analysis, and SWOT analysis. The driving factor of the management effort of Kekayon Puppet Museum in this research are variousstrengths and opportunities which exist in the management of Kekayon Puppet Museum, while the barrier are the weakness and threatswhich occur in management of Kekayon Puppet Museum as a cultural tourism. The result of data analysis by SWOT analysis is alternative strategy of management Kekayon Puppet Museum as a cultural tourist attraction in the form of many program strategy such as: touristm product management strategy, partnership strategy, interactive presentation strategy, security escalation strategy, main infrastructure and supporting tourism development program, marketing strategy, and human resource and management institution development strategy of Kekayon puppet museum. This research result shows that Kekayon puppet museum has attractive tourism potential which should be balanced by the good museum management. The management include: (a) general policy, (b) Organization (c) Human resource, (d) funding , (e) building , and (f) security.
Kata Kunci : strategi pengelolaan, Museum Wayang Kekayon, daya tarik wisata, Management Strategy, Kekayon Puppet Museum, Tourism Attraction