MULTICULTURAL EDUCATION AS SEEN IN FORREST CARTER’S THE EDUCATION OF LITTLE TREE
IGNATIUS INDRA K, Dr. Nur Saktiningrum, M.Hum.
2014 | Tesis | S2 Pengkajian AmerikaTujuan utama dari tesis ini adalah meneliti konsep dan dampak dari pendidikan multikultur yang terlihat di dalam The Education of Little Tree. Di Amerika pada masa lalu, pendidikan digunakan sebagai cara untuk mengasimilasi penduduk asli Amerika ke dalam masyarakat kulit putih. Penduduk asli Amerika menentang asimilasi dengan cara mengajarkan budaya kesukuan pada anak-anak mereka. Sebuah konsep pendidikan yang mengajarkan anak-anak untuk menerima masyarakat multikultur muncul setelah the Civil Rights Movement pada tahun enampuluhan dan tujuhpuluhan. The Civil Rights Movement juga membawa perubahan pada teori dan metode Pengkajian Amerika untuk mengeksplorasi batasan-batasan yang lebih luas semisal pengkajian masyarakat kulit hitam, pengkajian gender, dan pengkajian etnik. Tesis ini menerapkan sudut pandang Pengkajian Amerika dan teori Historicism untuk mendapatkan tujuan dari penelitian. Menggunakan sudut pandang Pengkajian Amerika, penelitian ini melihat penduduk asli Amerika sebagai penghuni asli dari Amerika. Kebijakan-kebijakan Amerika terhadap penduduk asli Amerika dapat mencerminkan kebijakan-kebijakan Amerika dalam konteks global. Menggunakan teori Historicism, penelitian ini dapat menggali konsep dan dampak dari pendidikan multikultur di dalam novel dengan melihat konteks sosial-historis yang diacu oleh novel dan konteks sosial-historis pada saat novel ditulis kemudian diterbitkan. Berdasarkan analisa, dapat disimpulkan bahwa konsep pendidikan multikultur yang terlihat di dalam The Education of Little Tree serupa dengan konsep yang dipromosikan oleh ahli-ahli dalam pendidikan multikultur. Pendidikan yang diberikan oleh kakek dan nenek mempromosikan rasa bangga akan budaya, pengetahuan historis tentang suatu budaya, dan rasa hormat terhadap budaya-budaya lain. Terlebih lagi, ada beberapa dampak dari positif pendidikan multikultur yang terlihat dari The Education of Little Tree, dampak-dampak tersebut adalah: pertama, anak-anak memiliki rasa bangga akan budaya; kedua, anak-anak memiliki pengetahuan historis dari budaya mereka; ketiga, anak-anak memiliki pengetahuan mengenai budaya-budaya di dalam masyarakat mereka; dan keempat, anak-anak menghormati budaya-budaya lain di dalam masyarakat. Sehingga semua orang dapat hidup secara harmonis dan sukses di dalam masyarakat tanpa adanya rasa curiga. Kata kunci: konsep, multikulturalisme, dampak, penduduk asli Amerika, pendidikan
This research primary purpose is to examine the concept and the impact of multicultural education that is seen in The Education of Little Tree. In America, education was utilized as way to assimilate Native Americans into white‘s society. Native Americans defied the assimilation by teaching tribal culture to their children. A concept of education, which teaches children to embrace multicultural society, emerged after the Civil Rights Movement of the 1960s and 1970s. The movement also changed American Studies‘ theory and method that it explored wider boundaries such as black studies, gender studies, and ethnic studies. This thesis employs American Studies perspective and Historicism theory in order to obtain the purpose of the study. Using American Studies perspective, this research views Native Americans as indigenous people of America. Americas‘ policies to Native Americans can reflect America‘s policies in global context. Using Historicism theory this research is able to uncover the concept and the impact of multicultural education in the novel by viewing the socio-historical context that is referred by the novel and the socio-historical context when the novel was written and then published. Based on the analysis, it can be concluded that the concept of multicultural education that is seen in the The Education of Little Tree is similar to the concept that is promoted by the experts of multicultural education. The education that is given by the grandparents promotes cultural pride, knowledge of historical information of a culture, and respect towards other cultures. Furthermore, there are several positive impacts of multicultural education that is seen in The Education of Little Tree, they are: first, children possess cultural pride; second, children possess the historical knowledge of their own culture; third, children possess the cultural knowledge of the cultures in their society; and fourth, children respect other cultures in their society. Thus, all people may be able to live harmoniously and successfully in a society without the existence of prejudice. Keywords: concept, multiculturalism, impact, Native American, education
Kata Kunci : concept, multiculturalism, impact, Native American, education; konsep, multikulturalisme, dampak, penduduk asli Amerika, pendidikan