IDENTIFIKASI BAURAN PEMASARAN PRODUK TIWUL INSTAN MEREK Rr. SRIKANDI DI PT SINAR SUKSES SENTOSA
NOVITA DWI LESTARI, NOVITA ERMA KRISTANTI, STP, MP
2014 | Tugas Akhir | D3 AGRO INDUSTRIINTISARI PT Sinar Sukses Sentosa adalah industri yang bergerak di bidang pengolahan pangan ubi kayu menjadi tiwul instan. Tiwul instan dibuat dari bahan utama berupa tepung singkong yang diperkaya (fortifikasi) melalui pencampuran bahan tepung jagung, vitamin dan mineral serta air. Melalui proses pengeringan tanpa menggunakan bahan pengawet, produk tiwul instan merek Srikandi bisa tahan disimpan hingga satu tahun. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, saluran distribusi dan promosi atau yang disebut dengan 4P (Product, Price, Place dan Promotion) produk tiwul instan di PT Sinar Sukses Sentosa. Identifikasi bauran pemasaran dapat mempermudah perusahaan dalam menjalankan kegiatan pemasaran secara efektif. Identifikasi bauran pemasaran pada PT Sinar Sukses Sentosa yaitu produk tiwul isntan memiliki nama dagang Rr. Srikandi dengan varian rasa gula jawa dan tawar. Dikemas dengan menggunakan bahan kemasan platik dan karton, berat per kemasan 250 gram. Telah memiliki sertifikat DINKES, BPOM dan MUI. Harga produk per kemasan dari pabrik Rp. 3.000,- dan harga di toko oleh-oleh Rp. 5.000,-. Pemberian diskon 5% untuk pembelian 6-25 karton dan 10% untuk pembelian 26 - 100 karton dan berlaku kelipatanNya. Kegiatan promosi dilakukan melalui media internet. Web resmi PT Sinar Sukses Sentosa adalah www.tepungkasava.co.cc dan median penjualan online lain yaitu Tokopedia dan Online Amazing Store. PT Sinar Sukses Sentosa memasarkan produknya ke beberapa toko oleh-oleh di daerah Yogyakarta dan penjualan yang transaksinya melalui online meliputi Semarang, Solo dan Jakarta. PT Sinar Sukses Sentosa juga melakukan penjualan di lokasi pabrik. Alat distibusi menggunakan mobil colt box.
ABSTRACT PT Sinar Sukses Sentosa is a food industry engaged in the processing cassava into instant Tiwul. Instant Tiwul made from cassava flour as the main ingredient is enriched (fortified) by mixing corn starch, vitamins, minerals and water. Through the drying process without the use of preservatives, the storage of product instant Tiwul brand Rr. Srikandi can be hold up to one year. This study was conducted to identify the marketing mix includes product, price, distribution and promotion or called as 4Ps (Product, Price, Place and Promotion) of product instant Tiwul at PT Sinar Sukses Sentosa. This marketing mix identification can help the companies effectively execute the marketing activities. The results of this identification of the marketing mix at PT Sinar Sukses Sentosa is a product brand named Tiwul instant Rr. Srikandi which has flavors brown sugar and plain. Packaged using plastic packaging and cardboard, packaging materials, 250 grams for each. This product has been certified by DINKES, BPOM and MUI. The factory price of the plain products is Rp. 3.000, - and the store price is Rp. 5000, -. 5% discount is given for the purchase of 6-25 cartons and 10% for the purchase of 26-100 cartons, multiple condition applied. Promotional effort carried out through the internet. Official site of PT Sinar Sukses Sentosa is www.tepungkasava.co.cc and the other online sales is Tokopedia and Amazing Online Store. PT Sinar Sukses Sentosa sales their products to some souvenir shops in Yogyakarta and through online sales. Their market area for this online sales includes some big cities, such as Semarang, Solo and Jakarta. Beside of that, PT Sinar Sukses Sentosa also sales their product at the plant site. For its distribution activities, PT Sinar Sukses Sentosa uses colt box car.
Kata Kunci : PT Sinar Sukses Sentosa, Tiwul Instan, Bauran Pemasaran