Laporkan Masalah

ANALYSIS OF MARKETING MIX AND SALES PERFORMANCE OF "INDUSTRI HILIR TEH WALINI" PRODUCT

DWI OKTAVIYANTI, Prof. Dr. Ir. Masyhuri; Dr. Jangkung Handoyo Mulyo, M.Ec.

2014 | Skripsi | SOS.EK. PERTANIAN (AGROBISNIS)

Penelitian ini sebagai sebuah studi kasus di "Industri Hilir Walini" bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan strategi bauran pemasaran, (2) menguji pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap penjualan, (3) mengatahui performa penjualan produk, (4) meramalkan permintaan mendatang dari produk-produk utama, dan (5) menyelidiki kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT). Data primer dan sekunder dikumpulkan dan dianalisis. Metode deskriptif digunakan sebagai metode dasar penelitian. Penjelasan deskriptif, analisis linear berganda, analisis varian satu arah, peramalan rerata bergerak, dan analisis SWOT dilakukan dalam penelitian ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam bauran produk sebagai salah satu komponen dari bauran pemasaran, unit bisnis ini menawarkan produk-produk teh dalam kemasan dan rasa yang bervariasi. Harga ditentukan berdasar biaya, kompetisi pasar, dan standar pada lini-lini tertentu. Bauran promosi yang digunakan adalah strategi komunikasi Media Lini Atas dan Lini Bawah. Bauran tempat dilakukan dengan distribusi melalui jalur distribusi selektif dan distribusi langsung. Variabel biaya promosi dan varian rasa sebagai komponen bauran pemasaran terbukti secara signifikan berpengaruh positif terhadap penjualan. Berdasar analisis varian satu arah, penjualan kelompok produk teh celup, teh seduh dan instan, dan teh siap minum secara signifikan berbeda. Peramalan penjualan teh celup hitam, teh celup hitam rasa lemon, dan teh celup hijau yang memberikan performa penjualan terbaik cenderung berfluktuasi. Analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi unit bisnis ini berada pada kuadran 1 yang mendukung strategi KP (Kekuatan-Peluang).

This research as a case study in "Industri Hilir Teh Walini" aimed to: (1) describe the marketing mix strategy, (2) examine the influence of marketing mix strategy on sales, (3) know the sales performance of products, (4) forecast the future demand of primary products, and (5) explore the strengths, weaknesses, opportunities, and threats (SWOT). Both primary and secondary data were collected and analyzed. Descriptive method was used as the basic research method. Descriptive explanation, multiple linear regression analysis, one way analysis of variance, moving average forecasting, and SWOT analysis were conducted. This research showed that in the product mix as a component of marketing mix, this business unit offers tea products in various packaging and flavoring. The price determination conducted based on cost, market competition, and standards in certain lines. The promotion mix used are Above and Below The Line communication strategy. The place mix conducted by distributing products through selective distribution channel and direct channel. Promotion cost and flavor variants variables of the marketing mix were proven to have positive significant influence on the sales. Based on the one way analysis of variance, grouped tea product sales of tea bag, loose and instant tea, and ready to drink tea were significantly different. Forecast of black tea bag, lemon flavored black tea bag, and green tea bag sales volume in 2014 which give the best sales performance tend to be fluctuated. The SWOT analysis showed that this business unit's position is in quadrant 1 which supports the SO (Strengths-Opportunities) strategy.

Kata Kunci : marketing mix, sales, forecast, SWOT


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.