Laporkan Masalah

ANALISIS PEMASARAN CABAI MERAH DI KABUPATEN BANTUL

MUHAMMAD ITSNAN K, Prof. Dr. Ir. Dwidjono H.D., M.S. ; Dr. Ir. Any Suryantini, M.M.

2014 | Skripsi | SOS.EK. PERTANIAN (AGROBISNIS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat marjin pemasaran, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi marjin pemasaran, dan mengukur tingkat efisiensi pemasaran cabai merah di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode dasar penelitian ini adalah deskriptif analitis. Penentuan responden dilakukan dengan metode acak sederhana, yaitu dengan melakukan wawancara kepada 30 petani. Penentuan sampel kecamatan dilakukan secara purposive, dengan mengambil 2 kecamatan yang merupakan daerah sentra produksi cabai merah di Kabupaten Bantul yaitu Kecamatan Kretek dan Kecamatan Sanden, serta 10 pedagang yang diambil secara snowball sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana untuk menjelaskan hubungan antara marjin pemasaran dengan panjang saluran pemasaran, analisis regresi berganda untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi marjin pemasaran, model Calkins dan Wang serta analisis farmer�s share untuk menjelaskan efisiensi kinerja pemasaran pada setiap saluran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Kabupaten Bantul terdapat tiga pola saluran pemasaran cabai merah yang terbentuk, dan terdapat korelasi yang kuat antara marjin pemasaran dengan panjang saluran pemasaran. Marjin pemasaran dipengaruhi secara signifikan oleh jarak dan farmer�s share. Adapun kinerja pemasaran yang efisien, lebih banyak diperoleh pada saluran I.

This research aimed to measure the level of marketing margins, to determine the factors that influence the marketing margin, and to measure the efficiency rate of red chilli marketing in Bantul Yogyakarta. The basic method of this research is descriptive analytic. Respondent who chosen by simple random sampling to set 30 interviewed farmers. The subdistrict samples was determine by purposive sampling, by taking two districts of red chili production center in Bantul, called the District of Kretek and Sanden, and also 10 traders were taken by snowball sampling. The analytical method used was a simple correlation analysis to describe the relationship between the marketing margin with lenght of marketing channels, logarithm regression analysis to determine the factors that influence the marketing margin, Calkins and Wang models, as well as analysis of the farmer�s share to explain the efficiency of marketing performance on each channel. The results showed that in Bantul district, there are three patterns of red chili marketing channels formed, and there is a strong correlation between marketing margin with the lenght of marketing channels. Marketing margin is significantly affected by the distance and the farmer�s share. As for the efficient marketing performance, more obtained in channel I.

Kata Kunci : marjin pemasaran, farmer share, efisiensi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.