HUBUNGAN NEGARA-MULTINATIONAL CORPORATION STUDI KASUS: IMPLIKASI PANGSA PASAR BLACKBERRY DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH INDONESIA TERHADAP INVESTASI RESEARCH IN MOTION
JOKO FENDY RUSNANTO, Dr. Nanang Pamuji Mugasejati
2014 | Skripsi | Ilmu Hubungan InternasionalABSTRAKSI Research In Motion pernah menjadi sebuah perusahaan terkemuka di bidang teknologi komunikasi. Produk BlackBerry yang dihasilkannya menjadi perangkat komunikasi primadona di banyak negara. Research In Motion dengan BlackBerry nya sempat mendominasi pangsa pasar smartphone secara global dalam beberapa tahun. Kesuksesan itu mendorong Research In Motion tumbuh sebagai sebuah Perusahaan Multinasional. Kesuksesan Research In Motion memasarkan produk BlackBerry nya juga terjadi di Indonesia. Bahkan di negara ini Blackberry mendominasi pangsa pasar penjualan smartphone selama bertahun-tahun. Fakta ini mengantarkan Indonesia sebagai salah satu pasar terpenting bagi Research In Motion. Namun demikian Research In Motion sempat mengalami beberapa konflik dengan pemerintah Indonesia dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Pemerintah Indonesia mengeluarkan beberapa kebijakan untuk mengatur bisnis Research in Motion di negara ini. Tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan dinamika hubungan antara sebuah negara dengan sebuah Multinational Corporation dalam kasus hubungan Indonesia-Research In Motion. Besarnya pangsa pasar BlackBerry di Indonesia serta kebijakan-kebijakan pemerintah Indonesia terhadap Research In Motion menjadi bahasan utama. Kedua faktor tersebut berimplikasi pada aktivitas investasi Research In Motion di Indonesia yaitu mereka melakukan aktivitas investasi yang dalam istilah John Dunning termasuk dalam bentuk support investment.
ABSTRACT Research In Motion have become a leading company in the field of communication technology. Its BlackBerry was a favorite communication device in many countries. Research In Motion with its BlackBerry dominated the global smartphone market share for a few years. That success promotes Research In Motion to grow as a big Multinational Company. The success of Research In Motion selling its Blackberry product also occurred in Indonesia. Even in this country Blackberry sales dominated smartphone market share for years. This fact drove Indonesia as one of the most important market for Research In Motion. However, Research In Motion had experienced some conflict with the Indonesian government in carrying out its business activities. The Indonesian government issued a number of policies to manage the business of Research in Motion in the country. This paper aims to describe the dynamics of the relationship between State and Multinational Corporation in the case of Indonesia and Research In Motion. The magnitude of the BlackBerry market share in Indonesia and the Indonesian government's policies towards Research In Motion were at issue. Both factors have implications for the Research In Motion investment activity in Indonesia, which in terminology of John Dunning, they do in the form of Support Investment.
Kata Kunci : Research In Motion, BlackBerry, Market Share, Multinational Corporations, Investment, Indonesian Government Policy