PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI LAYANAN MOBILE APPLICATION “ M-LIBRARYâ€DI PERPUSTAKAAN: Studi Kuantitatif Pada Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
ARNILA PURNAMAYANTI, Prof. Ir. Achmad Djunaedi, MURP., Ph.D.
2014 | Tesis | S2 Kajian Budaya dan MediaSeiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang, terutama lembaga informasi Perpustakaan dituntut untuk mampu mengikuti perkembangan teknologi. Mulai dari perubahan perpustakaan manual ke perpustakaan digital, hingga pada tren yang sedang berkembang saat ini di dunia perpustakaan yaitu m-Library. M-Library merupakan aplikasi yang dapat mengakses perpustakaan melalui smartphone, sehingga informasi dapat dengan cepat dan mudah diperoleh dari ujung jari kita. Perpustakaan UGM membuat terobosan baru dengan layanan mobile apps m-library UGM yang bisa diakses bagi pengguna smartphone, sehingga dapat dengan mudah mengakses perpustakaan dimanapun dan kapanpun melalui smartphone mereka. Masalah di dalam penelitian ini adalah faktor–faktor apa saja yang mempengaruhi pemanfaatan aplikasimlibrary UGM dengan menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM).Metode penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan memberikan kuesioner kepada responden pengguna mlibrary UGM untuk menguji hipotesis. Analisis data dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis dengan menggunakan SmartPLS. Secara keseluruhan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari dua belas hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terdapat sembilan hipotesis diterima dan tiga hipotesis yang ditolak. Hipotesis yang diterima yaitu Pengaruh Complexity Terhadap Perceived Usefulness, Pengaruh Relevance Terhadap Perceived Usefulnes , Pengaruh Subjective Norm Terhadap Perceived Usefulness, Pengaruh Screen Design Terhadap Perceived Easy of Use, Pengaruh Mobility Terhadap Perceived Easy of Use, Pengaruh Perceived Easy of Use Terhadap Perceived Usefulnes , Pengaruh Perceived Usefulness Terhadap Intention to Use, Pengaruh Perceived Easy of Use Terhadap Intention to Use, Pengaruh Intention to Use Terhadap Actual to Use, sedangkan tiga hipotesis yang ditolak yaitu Pengaruh Experience Terhadap Perceived Usefulness , Pengaruh Screen Design Terhadap Perceived Usefulness, Pengaruh Mobility Terhadap Perceived Usefulness.Pemanfaatan mlibrary di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada masih belum optimal dan perlu dilakukan peninjuan kembali terhadap faktorfaktor yang mempengaruhi pemanfaatan mlibrary tersebut agar optimalisasi sistem aplikasi mlibrary dapat tepat sasaran dan tepat guna. Selanjutnya kontribusi teoritik dari hasil penelitian ini menemukan bahwa kecenderungan menggunakan aplikasi mlibrary ini berawal dari faktorScreen Design, karena Screen Design adalah hal pertama yang dilihat oleh user (user interface) sangatlah penting untuk diperhatikan. Selanjutnya adanya faktor kemudahan (Perceived Easy of Use) dalam menggunakan aplikasi tersebut sehingga mempengaruhi niat individu untuk menggunakannya. Kata kunci: Mlibrary UGM, Technology Acceptance Model, SmartPLS
As the development of Information and Communication Technology in various fields, notably the Library information required to be able to keep up with technology. Starting from the library manual changes to the digital library, to the growing trend in the world today, namely M-Library. M-Library is an application that can access the library through a smartphone, so the information can be quickly and easily obtained from our finger. Library of UGM makes new inroads with mobile service apps m- library UGM that can be accessed for smartphone users, so can easily access the library anywhere and anytime through their smartphone. The problem in this study is what factors affect the utilization of the application mlibrary UGM by using the theory of Technology Acceptance Model (TAM).This research method is quantitative research by giving questionnaires to respondents mlibrary UGM users to test the hypothesis. Data analysis to test the validity, reliability testing and test hypotheses using smartPLS. Overall the results of this study it can be concluded that out of twelve hypotheses proposed in this study the hypothesisthere are nine is accepted and three hypotheses are rejected. Accepted hypothesis that Complexity Effect to Perceived Usefulness, Relevance toPerceived Usefulness, Subjective Norm to Perceived Usefulness, Screen Design to Perceived Easy of Use, Mobility to Perceived Easy of Use, Perceived Easy of Use to Perceived Usefulness, perceived Usefulness to Intention to Use, Perceived Easy of Use to Intention to Use, Intention to Use to Actual to Use. While the three hypotheses are rejected Experience to Perceived Usefulness, Screen Design to Perceived Usefulness, Mobility to Perceived Usefulness. Furthermore, the theoretical contribution of this research found that the tendency to use the application mlibrary originated from Screen Design factors, as Screen Design is the first thing seen by the user (user interface) is very important to note. Furthermore, the factors of ease (Perceived Easy of Use) in using the application that affect an individual's intention to use it. Keyword : Mlibrary UGM, Technology Acceptance Model, SmartPLS
Kata Kunci : Mlibrary UGM, Technology Acceptance Model, SmartPLS