Menelusuri Overall Customer Satisfaction pada Diri Muhammad SAW. Sebagai Pemasar dalam Berbisnis
ABDUL AZIIS SUDIBYO, Prof. Dr. Basu Swastha Dharmmesta, M.B.A.
2014 | Skripsi | MANAJEMENPenelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan mengeksplorasi overall customer satisfaction (kepuasan pelanggan menyeluruh) pada diri Muhammad SAW. sebagai seorang pemasar dalam berbisnis. Tidak lain karena profesi beliau sebelum diangkat menjadi seorang nabi dan rasul adalah pedagang atau pemasar. Dalam penelitian ini yang menjadi indikator overall customer satisfaction (kepuasan pelanggan menyuluruh adalah trust (kepercayaan), communication (komunikasi), commitment (komitmen), dan conflict handling (penanganan konflik). Dalam penelitian ini dijelaskan teori tentang overall customer satisfaction, kepuasan, kepuasan pada zaman Muhammad SAW., kepercayaan, kepercayaan pada masa Muhammad SAW., komunikasi, komunikasi pada masa Muhammad SAW., komitmen, komitmen pada masa Muhammad SAW., konflik, penanganan konflik, dan konflik dan penanganan konflik pada masa Muhammad SAW. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari ayat-ayat Al-Quran, hadits-hadits, dan Sirah An-Nabawiyyah Ibnu Hisyam. Metoda pengumpulan data dengan cara observasi. Tekniknya adalah dengan mendokumentasi, yaitu mencari data mengenai subjek penelitian dari tafsir ayat-ayat Al-Quran, hadits-hadits, dan kitab-kitab sejarah klasik dalam literatur. Metoda analisis data dalam penelitian ini menggunakan metoda analisis hadits dan metoda analisis isi kualitatif sedang validitas dan reliabilitas penelitian kualitatif ini menggunakan triangulasi teori dan triangulasi metoda penelitian. Penelitian ini memberi dua kesimpulan umum: 1) overall customer satisfaction ada dalam diri Muhammad SAW. ketika menjadi seorang pemasar sebelum diangkat menjadi nabi dan rasul dan 2) indikator-indikator overall customer satisfation berupa kepercayaan, komunikasi, komitmen, dan penanganan konflik juga melekat pada diri beliau dengan konteks zaman yang berbeda.
This research aims to explore overall customer satisfaction in Muhammad SAW. himself as a marketer or sales person. It is because of his profession before became a prophet and messenger was a marketer or sales person. In this research, The indicators of overall customer satisfaction are trust, communication, commitment, and conflict handling. In this research, theories of overall customer satisfaction, satisfaction, trust, communication, commitment, conflict, conflict handling, and satisfaction, trust, communication, commitment, conflict, and conflict handling in before Islamic and Islamic period are explained. The data used in this research is primary data that collected from ayat-ayat Al-Quran, hadits-hadits, and Ibnu Hisyam As-Sirah An-Nabawiyyah (classic historical book). The method of collecting data in this research is by observation. It's technique by documentary method. It means, searching the data about subject research from interpretation of ayat-ayat Al-Quran, hadits-hadits, and classic historical book.The strategies to analyze the data in this research using combination of hadits analysis method and qualitative content analysis. The next, validity and reliability of this study using theory, method, and methodological triangulation. Based on data obtained from Al-Quran, hadits-hadits, and Ibnu Hisyam As-Sirah An-Nabawiyyah, this research shows two common results: 1) Overall customer satisfaction found in Muhammad SAW. himself while he was a marketer or sales person before became a prophet and messenger and 2) overall customer satisfaction with the following indicators (trust, communication, commitment, conflict handling) found in Muhammad SAW. himself in early Islamic period (the period he had been living in).
Kata Kunci : overall customer satisfaction, trust, communication, commitment, conflict handling, conflict, Muhammad SAW., Al-Quran, hadits, as-sirah an-nabawiyyah, dan content analysis