ANALISIS MARKET SEGMENTATION, TARGETING, POSITIONING (STP)PADA RUMAH MAKAN BANJAR UNTUK PENENTUAN USULAN STRATEGI PEMASARAN
NAILA HUSNA LUBIS, Dr. Mirwan Ushada, STP, M.App Life; Prof. Dr. Ir. Mochammad Maksum, M.Sc
2014 | Skripsi | TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIANRumah makan Banjar merupakan salah satu rumah makan Etnis yang ada di Yogyakarta dengan jumlah pengunjung yang besar. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis segmentasi, target dan posisi pasar pada Rumah Makan BanjardiSleman, Yogyakarta, serta membuat usulan strategi pemasaran berdasarkan pada hasil analisis Segmentation, Targeting dan Positioning. Penelitian ini menggunakan dua analisis yaitu analisis cluster dananalisis korespondensi (ANACOR). Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara pada pihak manajemen dan penyebaran kuesioner menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan dua jenis kuesioner yaitu kuesioner Segmentasi dan kuesioner Positioning dengan acuan marketing-mix 7P (Product, Place, Promotion, Price, People, Physical Evidence, dan Process). Analisis cluster menghasilkan tiga cluster pelanggan yaitu cluster ekonomi menengah dan peduli terhadap pelayanan dan fasilitas; cluster ekonomi menengah, mapan dan santai; sertacluster ekonomi mapan dan pecinta masakan Banjar. Segmen terpilih (targeting) adalah cluster ekonomi menengah dan peduli terhadap pelayanan dan fasilitas. Hasil positioning ANACOR menunjukkan rumah makan Kindai memiliki keunggulan pada variabel nyaman, akrab dan santai, variabel fasilitas toilet, variabel fasilitas kritik saran, variabel tanggapan terhadap keluhan konsumen, variabel fasilitas sound musik, variabel fasilitas kipas, variabel Adanya informasi yang jelas mengenai rumah makan Banjar dalam bentuk brosur, variabel layanan antar menu cepat.
Banjar restaurant is one of the ethnic restaurants in Yogyakarta with a large number of visitors. The objective of the research was to analyze the segmentation, targeting and market position at Banjar restaurant in Sleman Yogyakarta and make suggestions to marketing strategy based on the results of the Segmentation, Targeting and Positioning analysis. The research used two analysis: cluster analysis and correspondence analysis (Anacor). The methods of data collection are interviews with the management team and dissemination of a questionnaire using Likert scale. This research used two types of questionnaires; Segmentation questionnaire and Positioning questionnaire, with the reference of 7P marketing-mix (Product, Place, Promotion, Price, People, Physical Evidence and Process). Cluster analysis resulted three customers clusters; cluster with middleincome customers who care about the services and facilities, cluster with middleincome customers who areestablished and relaxed,and cluster with established economic customerswho love Banjar cuisine. The selected segment (targeting) is the cluster with middleincome customers who care about the services and facilities. The result of Anacor positioning showed thatKindai Restaurant has the advantage in comfortable, familiar and relaxed variable; toilet facilities variable; facilities of criticisms and suggestions variable; response to consumer complaints variable; facilities of music variable; facilities of fan variable; the presence of clear information about the Banjarrestaurant in the form of brochures variable; andfast service variable.
Kata Kunci : Rumah Makan Etnis, Segmentation, Targeting dan Positioning