The Promotional Ideas of Legend Coffee Jogja And Their Effectiveness
KANTHI NILAM P, Endang Soelistiyowati, M.Pd. , Supriyono, S.S., M.A.
2014 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRISINTISARI Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk membahas riwayat singkat tentang Legend Coffee sebagai salah satu kafe yang terkenal di Jogja. Tujuan berikutnya adalah memaparkan ide-ide promosi yang dilakukan oleh Legend Coffee dan keefektifan dari ide-ide promosi tersebut menurut pelanggan mereka. Untuk pengumpulan data penelitian ini, penulis menggunakan dua metode, yaitu studi pustaka dan studi lapangan. Untuk studi pustaka, penulis membaca beberapa buku, brosur Legend Coffee dan artikel dari internet yang berkaitan dengan objek penelitian. Dalam studi lapangan, penulis mewawancarai pegawai pemasaran dan beberapa karyawan. Selain itu, penulis juga meminta beberapa pelanggan untuk mengisi kuisioner. Dari hasil kuisioner tersebut, penulis mengetahui dan menganalisa pendapat pelanggan tentang keefektifan ide-ide promosi. Kesimpulannya, Legend Coffee adalah salah satu bisnis kafe yang mempunyai konsep yang berbeda dan mempunyai banyak ide promosi, antara lain papan iklan, brosur, website, facebook, twitter, kerja sama, menu khusus, dan acara khusus. Namun, menurut pelanggan, ide promosi yang efektif untuk menarik mereka antara lain media sosial, acara khusus dan menu khusus.
ABSTRACT This graduating paper aims to discuss the short profile of The Legend Coffee as one of populars cafe in Jogja. Then, it explains the promotional ideas of The Legend Coffee and its effectiveness bassed on their customers opinion. For collecting data of this research, two methods are used here : library research and field study. In library research, the writer read several books, brochures of the Legend Coffee and articles from the internet which are related to the object of this research. For field study, the customers are requiered to fill in a questionnaire. From the questionnaire result, the writer knew and analyzed the customers opinion about the effectiveness of the promotional ideas. Overall, The Legend Coffee is one of the popular cafes which has a different concept and has many promotional ideas, such as brochures, facebook, twitter, public relation and special menu. However, according to the customers opinion, the effectiveness promotional ideas to attract them to visit The Legend Coffee are social media, special event, and special menu.
Kata Kunci : ide promosi, keefektifan, pendapat pelanggan