PERBEDAAN TEKNIK MENYIKAT GIGI TERHADAP KETERAMPILAN DAN SKOR PLAK GIGI ANAK USIA 12-14 TAHUN BERDASARKAN TINGKAT KECERDASAN
VARADITA VEBRI DAMAYANTI, drg. Rinaldi Budi Utomo, MS., Sp. KGA(K);drg. Siti Bale Sri Rantinah, SU, Sp. KGA(K)
2014 | Skripsi | ILMU KEPERAWATAN GIGIMenyikat gigi merupakan salah satu cara mekanis untuk mengendalikan plak. Pengendalian plak dapat dipengaruhi oleh teknik menyikat gigi, namun saat ini anak-anak masih memiliki kebiasaan yang salah dalam menyikat gigi. Terdapat teori yang menyebutkan bahwa teknik menyikat gigi yang baik adalah menggunakan teknik Fones dan ada pula yang menyebutkan bahwa teknik Bass merupakan teknik yang tepat untuk menghilangkan plak. Dalam pelaksanaannya, teknik Bass lebih memerlukan keterampilan. Keterampilan menyikat gigi diharapkan dapat mempengaruhi penurunan skor plak. Keterampilan menyikat gigi berhubungan dengan kemampuan motorik halus dan keterampilan sendiri merupakan salah satu pembentuk kecerdasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan teknik Fones dan Bass terhadap keterampilan dan skor plak gigi anak 12-14 tahun berdasarkan tingkat kecerdasannya, sehingga dapat mengetahui teknik menyikat gigi yang paling efektif untuk anak usia 12-14 tahun dengan semua kategori kecerdasan. Metode penelitian ini adalah time series design. Subyek penelitian sebanyak 45 orang dan dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan tingkat kecerdasannya. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji non parametrik Krusskal-Wallis dan dilanjutkan uji Post Hoc Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan keterampilan menyikat gigi dengan teknik Fones maupun Bass antara kelompok tingkat kecerdasan normal, pandai dan cerdas, serta terdapat perbedaan skor plak menyikat gigi dengan teknik Bass antara ketiga kelompok tingkat kecerdasan dan tidak pada skor plak menyikat gigi dengan teknik Fones. Kesimpulan penelitian ini membuktikan bahwa teknik Bass merupakan teknik menyikat gigi yang paling efektif untuk anak usia 12-14 tahun dalam tingkat kecerdasan normal, pandai, dan cerdas.
Tooth brushing is one of mechanical way to control dental plaque. Dental plaque removal can affected by tooth brushing techniques, but nowadays children still have lack ability on brushing their teeth. There was theory provide that the appropriate technique to tooth brushing is using Fones technique, and there was also theory says that Bass technique was the most proven technique to dental plaque removal. In implementation, Bass technique is more need skill to do. Tooth brushing skill hopefully can affected the reduction of plaque score. Tooth brushing skill is related to soft motoric ability and that is one of intelegence forming. The aim of this research was to find out the difference of Fones technique and Bass technique toward skill and plaque score on 12-14 years old children which categorized by their level of intelegence, so that we can know the most appropriate tooth brushing technique for 12-14 years old children with any normal intelegence category. The method of this research was time series design. Subjects were consist of 45 children who were divided into 3 groups of intelegence level. The data was analized by non parametric test Kruskall-Wallis and continued with Post Hoc test Mann-Whitney. The result of this research showed that there was significant differences of tooth brushing skill using Fones and Bass technique between groups of intelegence level normal, smart, and clever and also there was a significant difference of plaque score when tooth brushing using Bass technique, and not on plaque score when tooth brushing using Fones technique. Therefore, it concluded that Bass technique is the most effective tooth brushing technique for 12-14 years old children with level of intelegence normal, smart and clever.
Kata Kunci : keterampilan menyikat gigi, skor plak, teknik Fones, teknik Bass, 12-14 tahun, tingkat kecerdasan