ANARKISME DALAM PENDIDIKAN MENURUT PEMIKIRAN EVERETT REIMER
SUGENG RIYADI, Dr. Rr. Siti Murtiningsih, S.S.
2014 | Skripsi | ILMU FILSAFATPenelitian yang berjudul “Anarkisme Dalam Pendidikan Menurut Pemikiran Everett Reimer†dilatarbelakangi oleh peran pendidikan melalui sekolah yang belum memberikan kemajuan bagi murid. Pemilihan Reimer sebagai kajian material terkait dengan pemikirannya tentang pendidikan yang memberikan kritik tajam terhadap kegagalan sekolah sebagai lembaga pendidikan. Sejalan dengan pendapat kaum anarkis pendidikan, Reimer menghendaki alternatif pendidikan yang efisien. Penelitian ini berusaha menjawab permasalahan: Apa yang dimaksud dengan anarkisme dalam pendidikan?Bagaimana konsep pendidikan dalam pemikiran Everett Reimer?Bagaimana konsep anarkisme dalam pemikiran Everett Reimer tentang pendidikan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menemukan sisi anarkis pemikiran Everett Reimer tentang pendidikan. Data yang diperoleh berasal dari pustaka; baik berupa buku, karya tulis skripsi maupun jurnal. Objek formal penelitian ini adalah anarkisme pendidikan dan objek material pemikiran Everett Reimer tentang pendidikan. Selanjutnya objek formal dan objek material akan diolah dengan menggunakan kerangka metodis deskripsi, interpretasi, koherensi intern dan heuristika. Hasil dari penelitian ini adalah anarkisme menolak kelembagaan sekolah. Everett Reimer menyatakan bahwa sekolah telah mengekang otonomi individu dalam belajar dengan menerapkan kurikulum, keharusan belajar dalam ruangan kelas, mengelompokkan anak didik dan kehadiran guru. Sekolah menjadi tidak efisien karena menerapkan empat fungsi; yaitu fungsi perwalian, fungsi pemisahan/seleksi, fungsi indoktrinasi dan fungsi membentuk pengetahuan. Alternatif pendidikan yang ditawarkan Reimer meliputi pemanfaatan sumber pendidikan, program pembiayaan pendidikan dan revolusi damai dalam pendidikan untuk menghilangkan kepercayaan masyarakat terhadap sekolah.
This research deals with "Anarchism In Education According Everett Reimer’s Thoughtsâ€. Based by the role education at school that has not yet given progress for students. Reimer’s thought as material object related to his thoughts about the education system that gives criticism against school as educational institutions. In line with the anarchic education, Reimer want alternative education which is efficient. This research trying to answer the problem: what is meant by anarchism in education? How does the concept education in Everett Reimer’s thoughts? How concept of anarchism in Everett Reimer’s thoughts about education? This research using qualitative approach to find the anarchic Everett Reimer’s thoughts about education. This research obtain all data from libraries; like books, the papers and journals. Anarchism in education became as formal object and Everett Reimer’sthoughts about education became as material object. Both of them analyzed by methods:description, interpretation, internal coherence and heuristika. This research showed that anarchism refused school as institutional. Everett Reimer said that schools have been reins individualsautonomy in learning by applying the curriculum, must learn in the classroom, organising students and teachers presence. Schools become not efficient because apply four functions; that is guardianshipfunction, separation/selectionfunction, indoctrinationfunction and forms a knowledge function. Alternative in education that offered by Reimer is use of educational resources, financing educationprogram and the revolution peace in education to discredit the community about school.
Kata Kunci : anarkisme, pendidikan, anarkisme pendidikan, sekolah, kurikulum, Everett Reimer,anarchism, education, anarchism in education, school, curricullum, Everett Reimer