Laporkan Masalah

Analisis Kualitas Pelayanan Perpanjangan Sertifikasi Halal Lppom Mui Diy Untuk Meningkatkan Kepuasan Produsen Pangan Bersertifikat Halal Di Daerah Istimewa Yogyakarta

KHOSYANI, Dr. Jumeri Mangun Wikarta, STP, M.Si; Dr. Moh. Affan Fajar Falah, STP, M.Agr

2014 | Skripsi | TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

Kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi pangan yang halal, aman, dan sehat akhir - akhir ini terus meningkat. Hal tersebut terkait erat dengan produsen pangan yang bertanggung jawab untuk memproduksi pangan halal yang berkelanjutan, yang dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat halal MUI. Untuk meningkatkan kepuasan produsen pangan dan menjaga komitmennya agar selalu memperpanjang sertifikat halalnya maka kualitas pelayanan LPPOM harus selalu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui nilai Customer Index Satisfaction (CSI), mengetahui dan menentukan urutan perbaikan atribut kualitas pelayanan perpanjangan sertifikasi halal LPPOM MUI DIY. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner, berisi 21 atribut kualitas pelayanan perpanjangan sertifikat halal yang dijabarkan dari lima dimensi SERVQUAL yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Kuesioner dibagikan kepada 32 produsen pangan yang melakukan perpanjangan sertifikasi halal pada bulan Oktober 2013 - Maret 2014. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Tingkat kepuasan produsen pangan diukur menggunakan Customer Index Satisfaction (CSI), atribut yang perlu ditingkatkan ditentukan menggunakan Importance Performance Analysis (IPA), dan urutan perbaikan ditentukan menggunakan Potential Gain Customer Value. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai CSI sebesar 81,13 %, yang berarti produsen pangan sangat puas dengan kualitas layanan tersebut. Terdapat 7 atribut yang perlu diprioritaskan perbaikannya, yaitu proses perpanjangan sertifikat halal kurang dari satu bulan, layanan baru dan perubahan lainnya segera diberitahukan, tersedia pamflet tentang informasi perpanjangan sertifikat, pengaduan segera direspon, Informasi di website mudah diakses, informasi dari karyawan kurang konsisten, dan mudah dihubungi. Rekomendasi perbaikannya antara lain, dibuat jadwal audit secara khusus, pemanfaatan media sosial, pembuatan peta proses sertifikasi halal, website dilengkapi kolom saran dan pencantuman kontak masing - masing perusahaan di daftar produk halal, pelatihan khusus untuk karyawan, dan jam kantor dimulai lebih awal.

The awareness of the society in consuming halal, safe, and healty foodstuff within these past few years keep on increasing. This is closely related to responsible food manufacturers which produces sustainable halal foods. This research aims to identify the Customer Index Satisfaction (CSI) value, to know and to determine the sequence of quality attribute repair in LPPOM MUI DIY halal certificate renewal service. The instruments used are questionnares that contains 21 quality attributes of halal certificate renewal service which are defined in SERVQUAL five dimention: reliability, responsiveness, assurance, empathy, and physical evidence. The questionnaires are given to 32 food manufacturers that made halal certification extension in October 2013 - March 2014. Sample collection are done by purposive sampling. Respondents satisfaction are measured using Customer Index Satisfaction (CSI), quality attributes which are to be improved are determined using Importance Performance Analysis (IPA), and the sequence of repair are determined using Potential Gain Customer Value. The result of the research shows that CSI value is 81,13% which means the food manufacturers are very satisfied with the quality of the service offered. There are 7 atrributes which are of priority to be repaired which are duration of the process less than one month, new service and changes to be immediattely informed, availability of pamphlets containing information on certificate renewal, complaints to be immediately addressed, information in the website are easily accessed, information from staff are inconsistent, and easily contacted. Recommendation for repairs are among others, arrangement of specific time for audit, the use of social media, the making of halal certificate process map, webiste are equipped with suggestion column and contacts of each company in the halal product list, special training for staffs, and earlier working hours.

Kata Kunci : kepuasan produsen pangan,kualitas pelayanan,sertifikasi halal


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.