OVERHAUL ENGINE TRAINER TOYOTA KIJANG 5K
RENDY FIANTORO, Ir, FX. Sukidjo, MT.
2014 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK MESINMaksud dan tujuan pembuatan tugas akhir ini adalah mengidentifikasi kerusakan dan melakukan proses rekondisi engine trainer Toyota Kijang 5K, serta mengetahui kinerja mesin setelah dilakukan proses rekondisi yang nantinya akan digunakan sebagai alat pembelajaran, tugas akhir ini di desain dengan pertimbangan dan perencanaan yang baik sehingga dapat dengan mudah digunakan oleh para praktikum. Tugas akhir ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu Proses rekondisi dimulai dengan mengidentifikasi awal kerusakan pada mesin kemudian dilakukan overhoul dan pemeriksaan serta pengukuran pada komponen-komponen utama motor. Dari hasil pemeriksaan dan pengukuran didapat kerusakan terjadi pada beberapa komponen utama mesin yang harus diperbaiki dan diganti Dan komponen yang harus diganti yaitu bantalan main journal, bantalan crank pin, piston, gasket. Sedangkan komponen yang harus diperbaiki adalah lubang silinder, main journal poros engkol, crank pin poros engkol. Pengujian kinerja dilakukan meliputi pengukuran kompresi, hasil dari pengujian menunjukkan, setelah dilakukan perbaikan mendapatkan tekanan kompresi rata-rata 11,25 kg/cm2 sehingga dari hasil pengukuran kompresi sudah sesuai dengan standar dan ketentuan yang ada.
The target of this research is to identify any damage and to make reconditioning Engine Trainer Toyota Kijang 5k better and study the engine performance after the reconditioning process. The Trainer will be used as a learning tool. This final assignment was designed with good consideration and planning so that will be easy to be used by practicum. This task carried out through several stages, began to identify early improved condition in the engine and then overhaul and inspection step, and measure in main Engine components. From the investigation and sensitive measurements at the circuit was get the improved componen safeguards main journal, bearing crank pin, piston and gasket. All that components should by fixed. While components that must be fixed is a hole cylinder, main journal crankshaft and crank pin crankshaft. The testing result of performance has been done by the measurement of compression, the compression pressure show at the 11.25 kg/cm² position. So from the measurement result the compression has been adjusted in process condition accordance with standard and its provisions.
Kata Kunci : OVERHAUL, ENGINE TRAINER, TOYOTA ,KIJANG 5K