DIsiplin dan Militerisme di Sekolah (Studi Tentang Reproduksi Militerisme pada Proses Pendisiplinan dan Kegiatan Paskibra/Paspara di Raanah Sekolah SMAN 1 Mertoyudan dan SMAN 1 Kota Magelang)
FX. ADITYA RINALDHI, Dr. Suharko
2014 | Skripsi | SosiologiMiliterisme yang terjadi di Indonesia telah berlangsung melalui proses yang panjang. Melalui berbagai periode zaman, militerisme telah berubah menjadi sebuah pola pikir yang kadangkala disadari atau tidak telah menjadi bagian pada masyarakat sipil. Secara khusus dapat dikatakan bahwa militerisme telah menjadi wabah di dalam komunitas sipil yang diinternalisasikan sebagai sebuah nilai yang wajar. Pemahaman inilah yang menjadi dasar bahwa di simbol-simbol militerisme masih menjadi praktik di dalam masyarakat. Hadirnya militerisme memang tidak lepas dari proses militerisasi di Indonesia. Melalui proses yang cukup panjang terutama pada rezim Orde Baru, militerisasi telah menjelma menjadi suatu kekuatan ketika itu. Hingga saat ini pun militerisasi tetap masih ada meskipun jumlahnya sangat sedikit. Namun demikian yang menjadi persoalan adalah kemunculan militerisme di dalam masyarakat sipil. Munculnya bentuk-bentuk tindak kekerasan, pedoman nilai militer di sipil, serta penggunaan atribut militer dengan tujuan tertentu dalam komunitas sipil menjadi sebuah bukti bahwa militerisme masih berkembang di Indonesia Dalam bidang pendidikan militerisme sendiri pernah menjadi persoalan ketika muncul pendidikan kewiraan, bela negara dalam organisasi sekolah, perploncoan,disiplin, dan penggunaan simbol militer di dalam sekolah. Dalam ranah tersebutlah militerisme tumbuh subur dan menjadi bagian dari praktik proses keberlangsungan terutama dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler seperti paskibra yang dapat berpengaruh pada sekolah. Melalui proses reproduksi di dalam sekolah meiliterisme diantarkan menjadi bagian di dalam skema kegiatan di dalam sekolah. Proses pendidikan di dalam SMAN 1 Mertoyudan dan SMAN 1 Kota Magelang melibatkan proses interaksi di dalam keseharian pada segala aspek kegiatannya. Tentunya hal ini berdekatan erat dengan bagaimana proses kegiatan di dalam sekolah terjadi. Di dalam kegiatan sekolah, pada umumnya dilaksanakan atas dasar pengawasan dan kontrol yang dilakukan oleh pelaku pendidikan di dalamnya mulai dari kepala sekolah, guru, hingga siswa. Dengan mengambil setting di wilayah Magelang, penelitian ini akan melihat seberapa jauh jejak militerisme yang muncul dengan perbandingan kedua sekolah di wilayah yang berbeda lingkungannya.
Militarism in Indonesia has been going through a long process. Through various periods of time, militarism has turned into a mindset which sometimes consciously or unconsciously have become part of the civil society. In particular, it can be said that militarism has become epidemic in the civilian community is internalized as a reasonable value. The understanding is the basis for that in the symbols of militarism is still a practice in the community. The presence of militarism is inseparable from the process of militarization in Indonesia. Through a long process, especially in the New Order regime, militarization has been transformed into a force at the time. Until now, even militarization still there even though the amount is very little. However, the problem is the emergence of militarism in the civil society. The emergence of other forms of violence, the military in civilian guideline value, as well as the use of military attributes with a specific purpose in the civilian community becomes a proof that militarism is still growing in Indonesia In the field of education itself militarism had been a problem when it arises civics education, defending the country in the school organization, hazing, discipline, and the use of military symbols in schools. In the realm of militarism is exactly flourish and become part of the practice of sustainability, especially in the implementation of extra-curricular activities such as paskibra that may affect the school. Through the process of reproduction in school delivered meiliterisme be part in the scheme in the school activities. Educational process in 1 Mertoyudan Senior High School and 1 Magelang Senior High School involves a process of interaction in the daily on all aspects of its activities. Surely this is closely adjacent to the process in the school activities occur. In the school activities, generally carried out on the basis of supervision and control by education actors in it starting from the principal, the teachers, to the students. Set in Magelang region, this study will look at how far the trail of militarism that emerged with the comparison of the two different schools in the neighborhood.
Kata Kunci : militerisme, sekolah, reproduksi, displin, paskibra