ANALISIA YURIDIS PENGGUNAAN LAGU ''KOPI DANGDUT\" DALAM SALAH SATU IKLAN TV PARTA! POLITIK (STUDI KASUS IKLAN TV PARKAI GOLKAR)
NASTITI SOEGENG LESTARI, SE, Prof. M. Hawin, S.H., LL.M., Ph.D.
2015 | Tesis | S2 Magister HukumStudi dalam penelitian ini mengenai analisa yuridis penggunaan lagu Kopi Dangdut untuk iklan politik melalui televisi. Permasalahan yang diangkat adalah : (1) Bagaimana implementasi UU No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta terhadap lagu Kopi Dangdut (2) Bagaimana Peran Yayasan Karya Cipta Indonesia (KCI), dan (3) Bagaimana mekanisme pembayaran royalti antara user (ARB Team) dengan Fahmi Shahab. Apakah tetap ada kewajiban membayar mengingat lagu Kopi Dangdut bukan merupakan karya asli pencipta dan penyanyinya, Fahmi Shahab. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif, yaitu suatu cara penelitian yang menghasilkan data deskriptif analitis yang dinyatakan oleh responden secara tertulis atau lisan, yang dipelajari sebagai sesuatu yang utuh. Sementara metode pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan yuridis empiris. Yaitu bahwa dalam penelitian ini berpedoman kepada peraturan perundangundangan yang berlaku (hukum positif) dan pendekatan empiris yang dimaksudkan untuk memperjelas keadaan yang sesungguhnya terhadap masalah yang diteliti. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa meski lagu Kopi Dangdut adalah bukan merupakan karya orisinil Fahmi Shahab, sebagai ciptaan ia dilindungi oleh Undang-Undang No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta karena masuk dalam deskripsi Ciptaan yang dilindungi, yaitu terjemahan, tafsir, saduran, bunga rampai, database dan karya lain hasil pengalihwujudan (Pasal 12, ayat 1 (huruf l)) dan ayat 2, Ciptaan sebagaimana dimaksud dalam huruf l dilindungi sebagai ciptaan tersendiri dengan tidak mengurangi Hak Cipta atas ciptaan asli. Penelitian ini mengungkap bahwa lagu Kopi Dangdut adalah hasil saduran dari lagu Moliendo Café karya Hugo Blanco, penyanyi asal Venezuela. Moliendo Café diciptakan tahun 1958, dipopulerkan di Indonesia tahun 1991, setelah digubah aransemen musiknya dari latin instrumentalia menjadi dangdut reggae. Untuk itu, bagi siapapun yang ingin menggunakan ‘Kopi Dangdut’ untuk keperluan komersil, wajib membayarkan royalti fee kepada penciptanya, Fahmi Shahab melalui Yayasan Karya Cipta Indonesia (KCI), lembaga manajemen kolektif yang ditunjuk untuk memungut royalti fee dari para pengguna (pusat perbelanjaan, karaoke, café, restaurant, televisi, radio dll). Atau langsung kepada Fahmi Shahab jika ‘Kopi Dangdut’ dalam penggunaannya harus melalui proses gubahan melodi dasar, lirik, aransemen atau notasi musik terlebih dulu. Dengan demikian hak moral dan hak ekonomi penciptanya, terpenuhi
The study is about legal examination regarding the use a particular song (Kopi Dangdut) for political ads in television programs. The problems analysed here are: (1) How to implement the Laws No. 19/2002 in the context of the problems discussed here; (2) What is the proper role of Yayasan Karya Cipta Indonesia (YKCI); (3) What is the proper payment regarding royalty between the user (ARB Team) and the “creatorâ€, Fahmi Shahab, although the latter is not the original creator? What exactly is the rule here: should ARB Team pay Mr. Shahab as if the song really “belongs†to him? This research uses a method that produces descriptive understanding gathered from written or verbal explanations from several respondents. Besides that, this study also uses the method of empirical approach, taking all the positive rules in the books of law to understand and to clarify the problems discussed. My conclusion: Fahmi Shahab and the Kopi Dangdut song are protected by the law. The song belongs to a certain category: ie. Translation, interpretation, database collection, or other items based on creative efforts (clause 1, section 2:l and clause 2). The law states that protection falls also to those people who translate or adapt original works, imbued with his or her own style. And thus, the song of Kopi Dangdut, which was adapted from Moliendo Café, originally created by the Venezuelan Hugo Blanco in 1958, should also be legally protected. The same thing also happens to Mr. Shahab, who popularized the translated song into Indonesian language in 1991, with a slightly different and creative musical arrangements, with a touch of dangdut reggae style. It is therefore proper to conclude that the use of Kopi Dangdut for any public purposes, including commercial ones, should pay Mr. Shahab a certain amount of royalty fee through the Yayasan Karya Cipta Indonesia (YKCI), the institution authorized collectively to collect such fee from the users (such as restaurants, malls, televisions and radio stations, and others). The fee payment can also be done directly from the users to Mr. Shahab if the former wish to slightly change or modify the song according to his or her purposes. All of this protect the moral and economic rights of the creator, and at the same time the users can still go public with whatever he or she wants to do with the creation under the boundary of the law.
Kata Kunci : Iklan Politik, Hak Cipta