Rasa Furikake Yang Digemari Masyarakat Jepang
FITRIYAH HASANAH, Dr. Tatang Hariri, M.A
2014 | Skripsi | SASTRA JEPANGPenelitian ini bertema budaya Jepang khususnya tentang furikake. Alasan penulis meneliti tentang furikake adalah penulis ingin mengetahui rasa furikake yang digemari masyarakat Jepang dan kapan rasa itu mulai ada di Jepang. Metode yang digunakan penulis adalah metode kualitatif dan bersifat deskriptif. Furikake merupakan teman nasi yang sudah dikenal sejak awal Zaman Taisho (1913). Produk pertamanya ialah Gohan No Tomo (teman nasi) yang diproduksi oleh perusahaan Futaba. Rasa inti furikake ialah sakana kei (kelompok ikan), niku kei (kelompok daging), goma kei (kelompok wijen), tamago kei (kelompok telur ayam), nori kei (kelompok rumput laut) dan shiso kei (kelompok shiso). Lima perusahaan besar produsen furikake ialah perusahaan Futaba, perusahaan Marumiya, perusahaan Mishima, perusahaan Tanaka, dan perusahaan Nagatanien. Hasil dari penelitian ini terdapat tujuh rasa yang digemari masyarakat Jepang yaitu tamago (telur), shiso, noritama dan sakana kei (kelompok ikan) yang terdiri dari tarako, katsuo, okaka, sake, kozakana, dan chirimen. Alasan rasa-rasa tersebut digemari karena memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh manusia. Selain itu bahan makanan yang menghasilkan rasa tersebut sudah dikonsumsi sejak dulu sehingga mereka sudah terbiasa untuk mengkonsumsi rasa tersebut.
This paper explores furikake as one of Japanese cultures. The purpose of this research is to know Japanese s favorite furikake s flavorsand when those flavors began to exist in Japan. The author used qualitative and descriptive methods to do this research. Furikake is a companion of rice which has been known since the beginning of the Taisho Period (1913). The first furikake is called Gohan no Tomo (companion of rice) manufactured by Futaba Company. Furikake has sakanakei (group of fishes), nikukei (group of meats), gomakei (group of sesames), tamagokei (group of eggs), norikei (group of seaweeds) and shisokei (group of shisos) as its core flavors. Five major companies producing furikake in Japan are Futaba Company, Marumiya Company, Mishima Company, Tanaka Company, and Nagatanien Company. As the results of this research, there are seven flavors which are popular in Japan.Those flavors are tamago (egg), shiso, noritama and sakanakei (group of fishes) consisting of tarako, katsuo, okaka, sake, kozakana, and chirimen. Japanese is fond of those flavors because they containa lot of nutrients that are good for the human body. Besides, the ingredients producing those flavor has been consumed since the old days so Japanese have become accustomed to consume food in those flavors.
Kata Kunci : Furikake, Flavors, Japanese Food Culture