APLIKASI GAYA BELAJAR PADA KEGIATAN BELAJAR MANDIRI MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
UMMU KALZUM MALIK, dr. Ova Emilia, Ph.D, Sp.OG(K).
2014 | Tesis | S2 Ilmu Pendidikan KedokteranLatar Belakang. Pengetahuan akan gaya belajar sangat dibutuhkan oleh mahasiswa. Pada saat belajar mandiri, mahasiswa memiliki kebebasan untuk untuk dapat mengidentifikasi kebutuhan belajarnya yang akan dijabarkan dalam bentuk tujuan belajar, setelah itu menyiapkan rencana belajar, mencari sumber daya yang dibutuhkan dan melaksanakan rencana belajar tersebut serta diakhir dengan evaluasi hasil dan proses belajar. Dalam proses belajar inilah gaya belajar dapat menjadi katalisator untuk pembelajaran yang efektif. Terdapat banyak gaya belajar, yang salah satunya adalah Visual, Aural, Read/write, Kinestetik (VARK). Penelitian ini ingin melihat aplikasi gaya belajar mahasiswa tahun pertama Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar pada saat mereka belajar mandiri. Metode. Penelitian ini dikelompokkan ke dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama FK Unismuh di TA 2013/2014. Data penelitian diambil dalam 2 tahap. Tahap pertama dengan menyebarkan kuesioner VARK untuk mendapatkan data gaya belajar mahasiswa. Tahap kedua, mahasiswa yang mengikuti tahap pertama diberikan buku harian belajar mandiri untuk diisi sesuai apa yang mereka lakukan saat belajar mandiri. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil. Berdasarkan analisis data diperoleh gaya belajar unimodalitas mahasiswa yaitu Visual 1.4%, Aural 29%, Read/write 24.6%, Kinestetik 32%, dan multimodalitas 13%. Dari kelompok unimodalitas hanya sebesar 10% yang mengaplikasikan gaya belajar sesuai karakteristik gaya belajarnya sedangkan dari kelompok multimodalitas sebesar 77.7%. Kesimpulan. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa gaya belajar yang paling dominan pada mahasiswa tahun pertama FK Unismuh adalah gaya belajar kinestetik akan tetapi kelompok gaya belajar multimodalitaslah yang paling banyak mengaplikasikan gaya belajar sesuai dengan karakteristik gaya belajarnya
Background. Information of learning styles is needed by the student. At the time of self-learning, students have the freedom to be able to identify learning needs to be spelled out in the form of learning objectives, and then prepare a lesson plan, look for the resources needed to learn and implement the plan as well as the end of the evaluation results and the learning process. In this learning process learning styles can be a catalyst for effective learning. There are many styles of learning, one of which is the Visual, Aural, Read / write, Kinesthetic (VARK). This study would like to see the application of learning style of first-year students at the Faculty of Medicine, University of Muhammadiyah Makassar by the time they learn to be independent. Method. This study was a descriptive study with a quantitative approach. The population was freshman of FK Unismuh in school year 2013/2014. The data were taken in two phases. The first phase by distributing questionnaires to obtain VARK learning styles of students. The second phase, which follows the first stage students were given self-learning diary filled according to what they do during independent study. The data were analyzed descriptively. Results. Based on the analysis of data obtained unimodalitas student's learning style were Visual 1.4%, 29% Aural, Read / write 24.6%, Kinesthetic 32%, and 13% multimodality. Of group unimodalitas only 10% who applied learning style according to the characteristics of learning styles while multimodality group at 77.7%. Conclusion. The results of this study shows that the most dominant learning style in the first-year students FK Unismuh is kinesthetic learning style but group learning style multimodality most widely applied learning style according to the learning style characteristics
Kata Kunci : Aplikasi gaya belajar, gaya belajar VARK, belajar mandiri