Laporkan Masalah

EFIKASI DIRI MATEMATIKA DAN HUBUNGAN DENGAN TEMAN SEBAYA SEBAGAI PREDIKTOR PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

ANIQ HUDIYAH BIL HAQ, Prof. Dr. Asmadi Alsa, SU.

2014 | Tesis | S2 Psikologi

Sumber daya manusia yang tercipta dalam proses pendidikan yang baik menghasilkan manusia-manusia yang mampu bersaing dalam tuntutan jaman, untuk mengetahui manusia yang mempunyai sumber daya yang baik salah satunya dengan melihat prestasinya. Penelitian ini didasari oleh rendahnya prestasi belajar matematika pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia padahal matematika merupakan ilmu yang penting dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji prestasi belajar matematika pada siswa SMA ditinjau berdasarkan efikasi diri matematika dan hubungan dengan teman sebaya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi. Subyek yang digunakan adalah siswa SMA di Surakarta berjumlah 143 orang yang pengukuran prestasi belajar matematikanya menggunakan nilai akhir kognitif pada raport semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Variabel efikasi diri matematika dan hubungan dengan teman sebaya diukur menggunakan skala. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa efikasi diri matematika dan hubungan dengan teman sebaya secara bersama-sama dapat memprediksi prestasi belajar matematika.

Human resources who created from well education make human who can compete in necessity era, for knowing human who have good resources such as their achievement. This research based on less of Mathematics achievement of Senior High School Students in Indonesia, whereas mathematics is important subject in development of communication and information technology, therefore this aim research to analyze and investigate Mathematics achievement on Senior High School students are observed base on Mathematics selfefficacy and peer relationship. This research is conducted use quantitative approach with regression analysis. Subjects who used are 143 Students of Senior High School in Surakarta which measurement of their Mathematics achievement use cognitive final marks on report of odd semester of academic year 2013/2014. Variables of Mathematics self-efficacy and peer relationship are measured use scale. Based on data analysis results, are obtained conclusion that Mathematics self-efficacy and peer relationship both can predict Mathematics achievement.

Kata Kunci : Efikasi diri matematika, hubungan dengan teman sebaya, prestasi belajar matematika.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.