KELAHIRAN SUBJEK SUNDA Genealogi Subjek dan Kewilayahan Kelompok Etnis Sunda
Holy Rafika Dhona, Dr. Budiawan
2014 | Tesis | S2 Kajian Budaya dan MediaPenelitian ini mengkaji pembentukan subjek Sunda sebagai efek persentuhan masyarakat Sunda dengan kolonialisme. Dengan menganalisis wacana mengenai Sunda, terutama dalam surat kabar Papaes Nonoman koran yang diterbitkan Paguyuban Pasundan (1914-1919), penelitian ini berfokus pada tiga pertanyaan utama yaitu; bagaimana pembentukan subjek Sunda pada awal abad ke-20; bagaimana pengetahuan/kuasa kolonial membentuk subjek sunda; bagaimana bentuk hibriditas dalam subjek Sunda. Menggunakan metode genealogi Foucauldian, penelitian ini menunjukkan bahwa subjek sunda adalah subjek yang baru lahir pada awal abad ke-20 bersama munculnya kedirian Sunda; terutama kesadaran akan adanya bangsa Sunda dan kewilayahan Sunda. Dengan menggunakan wacana kemadjoean, rejim kuasa/pengetahuan kolonial membentuk subjek Sunda dengan pengetahuan baru (pengetahuan modern) melalui regulasi, kebudayaan juga institusi modern berupa sekolah, percetakan buku, dokter, dan lain-lain. Hibriditas terjadi ketika pengetahuan kolonial ditranslasikan dan dinegosiasikan di kalangan pribumi Sunda. Dalam proses negosiasi tersebut, Jawa dihadirkan sebagai liyan sehingga muncul kewilayahan dan subjek Sunda yang baru.
This research tries to look at the construction of the subject of Sunda as particle effect of colonialism. Analyzing the discourses on Sundanese, mainly the text of Papaes Nonoman, a newspaper published by Paguyuban Pasundan (1914-1919), this research asks three main questions i.e; how the subject of Sunda was formed at early of 20th Century; how the colonial regime of power/knowledge constructed this subject; what are the form of hibridity of this subject. Using Foucauldian genealogy, this research shows the Subject of Sunda was born in the early 20th century as the result of the emergence of ‘the consciousness of being Sunda’ (the Self); that is the consciousness of Sundanese Nation and the new territoriality of Sundanese. Using the discourse of progress (kemadjoean), the colonial regime of power/knowledge formed the subject of Sunda with the new knowledge (modern knowledge) through regulation, culture and modern institutions such as school, book printing, medicine, etc. The process of hybridization occurs during this new knowledge translated and negotiated among Sundanese people. Javanese (Jawa) was subjected as the Other at that process, so the new territoriality and the new form of subject (the subject of Sunda) was emerge.
Kata Kunci : Sunda, Genealogi, Hibriditas, Subjek, Kewilayahan