Laporkan Masalah

HUBUNGAN PERSEPSI DAN EKSPEKTASI WISATAWAN TERHADAP PENGEMBANGAN PRODUK WISATA KASUS : BUKITTINGGI, SUMATERA BARAT

Yesy Is, Drs. Bambang Sunaryo, M.Sc.,MS.

2014 | Tesis | S2 Mag.Arsitektur Pariwisata

Persepsi merupakan proses memperoleh informasi tentang sesuatu hal dari lingkungan sekitar, bertujuan sangat aktif membentuk kognisi atau pemikiran dasar tentang realita yang diperoleh dan Ekspektasi merupakan harapan yang diinginkan tentang sesuatu hal yang positif untuk menciptakan suatu kepuasan. Tujuan dari Penelitian ini untuk merumuskan bagaimana hubungan antara persepsi dengan ekspektasi wisatawan terhadap produk wisata (atraksi , aksessibilitas ,amenitas) dikota Bukittinggi dan Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan lokus penelitian kota Bukittinggi. Temuan-temuan yang dihasilkan yaitu : (1) segmentasi dan karakteristik wisatawan mancanegara, (2) persepsi wisatawan mancanegara terhadap produk wisata, (3) Ekspektasi wisatawan mancanegara terhadap produk wisata, (4) hubungan antara persepsi wisatawan dengan ekpektasi terhadap produk wisata dikota Bukittinggi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa berdasarkan analisis statistik ditemukan signifikansi hal ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara persepsi dengan ekspektasi. Semakin menarik persepsi wisatawan terhadap produk wisata maka akan semakin tinggi pula ekspektasinya. Kata kunci : persepsi, ekspektasi,wisatawan dan produk wisata

Perception is the process of obtaining information about something from the surrounding environment, aiming very active to form cognition or thinking about the basic reality obtained and expectation is a desired hope of something positive to create a satisfaction. The purpose of this research is to formulate how the correaltion between the perception and expectations of the tourist toward tourism products (attractions, accessibilities, amenitas) in the city of Bukittinggi and the method used is quantitative descriptive research with the locus of Bukittinggi. The research findings are: (1) segmentation and characteristics of international tourist, (2) the perception of foreign tourists to the tourism product, (3) expectations of foreign tourists toward the tourism product, (4) the correlation between the perception and the expectations of tourists toward the tourism product in the city of Bukittinggi. The results of this study it can be concluded that based on the statistical analysis it was found significance which indicate that there was a significant correlation between perceptions and expectations. The more interesting the perception of tourists to the tourism product, the higher the expectations was. Keywords: perceptions, expectations, tourists and tourism product

Kata Kunci : persepsi, ekspektasi,wisatawan dan produk wisata


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.