Laporkan Masalah

KESESUAIAN ISI ANTARA HEALTH STUDY CLUB SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA DENGAN TUJUAN PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS GADJAH MADA

MAHARINI BATTI SORRING, dr. Siti Rokhmah Projosasmito, M.Ed ; dr. Savitri Shitarukmi, M.Sc

2014 | Skripsi | PENDIDIKAN DOKTER

Latar belakang : Health Study Club (HSC) sering kali digunakan oleh mahasiswa sebagai sumber belajar utama dalam proses belajar di Fakultas Kedokteran UGM, namun sampai saat ini belum diketahui apakah HSC dikoreksi oleh dosen pengampu atau tidak. Kesesuaian isi antara HSC dengan tujuan pembelajaran perlu diketahui untuk mengetahui apakah HSC bisa menjadi pegangan bagi mahasiswa sebagai salah satu alternatif sumber belajar mandiri. Tujuan : Untuk mengetahui kesesuaian isi Health Study Club dengan tujuan pembelajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada dan mengetahui persepsi mahasiswa terhadap Health Study Club sebagai sumber belajar di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Metode : Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan studi dokumentasi dan Focus Group Discussion. Data dikumpulkan melalui hasil analisis dari student book dan HSC blok 2.2 dan juga melalui transkrip dari diskusi kelompok terarah dengan 21 mahasiswa yang dibagi menjadi satu kelompok penulis dan dua kelompok pelanggan. Hasil : Dari 86 sub topik tujuan pembelajaran pada student book, 62 sub topik terdapat dalam HSC dan 24 tidak ditemukan. Dari hasil FGD, tidak semua penulis HSC melihat tujuan pembelajaran sebelum menulis HSC dan jarang sekali pelanggan HSC yang mencocokkan isi antara HSC dengan tujuan pembelajaran. Kesimpulan : Sebagian besar tujuan pembelajaran dapat ditemukan pada HSC, namun mahasiswa sangat jarang melihat tujuan pembelajaran yang terdapat pada student book baik penulis maupun pelanggan sehingga kesesuaian isi antara HSC dengan tujuan pembelajaran sebagian besar bergantung dari slide ataupun penjelasan dosen. HSC juga sangat jarang dikoreksi oleh dosen. Kata kunci : Persepsi, Kesesuaian isi Health Study Club dengan tujuan pembelajran, Kesesuaian, Health Study Club, Tujuan pembelajaran

Background: Health Study Club (HSC) is often used by students as a primary source of learning in the learning process in the Faculty of Medicine, University of Gadjah Mada, but until now not yet known whether HSC corrected by lecturers or not. The suitability of the content between HSC and the objectives of learning need to know to determine whether HSC can be a guide for students as an alternative source of self-learning. Objective: To determine the suitability of the content of Health Study Club with the goal of learning in the Faculty of Medicine, University of Gadjah Mada and to determine student�s perceptions of the Health Study Club as a source of learning in the Faculty of Medicine, University of Gadjah Mada. Methods: This study used qualitative methods with documentation study design and Focus Group Discussion. Data were collected through the results of the analysis of student book and HSC 2.2 blocks and also through the transcripts of focus group discussions with 21 students who were divided into a group of writers and two groups of customers. Results: Of the 86 sub-topics the objectives of learning on student book, there are 62 sub-topics in the HSC and 24 was not found. By FGD results, not all of HSC writers see the learning objectives before they write HSC and HSC customers rarely match the content between HSC and the learning objectives. Conclusion : Most of the learning objectives can be found on the HSC, but the students rarely see the learning objectives in the student book both authors and customers so the suitability of content between HSC and the learning objectives mostly depending on slides or lecturer�s explanation. HSC very rarely corrected by lecturers. Keywords: Perception, The suitability of the content of Health Study Club with the learning objectives, Suitability, Health Study Club, Learning objectives.

Kata Kunci : Persepsi, Kesesuaian isi Health Study Club dengan tujuan pembelajran, Kesesuaian, Health Study Club, Tujuan pembelajaran, Perception, The suitability of the content of Health Study Club with the learning objectives, Suitability, Health Study Club, Learni


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.