EVALUASI STRATEGI BERSAING BISNIS UNIT OPTICAL NETWORKS DI PT NSN REGION INDONESIA
Mozes David Hasudungan Parhusip, Dr. Harsono, M.Sc.
2014 | Tesis | S2 Magister ManajemenNokia Siemens Networks merupakan perusahaan penyedia solusi Jaringan infrastruktur telekomunikasi yang tercipta sebagai hasil dari gabungan divisi COM Siemens AG (tidak termasuk unit bisnis Enterprise) dan kelompok usaha Network Nokia. Solusi yang ditawarkan NSN kepada Operator mencakup desain, optimasi, penyediaan produk, pengembangan, dan pemeliharaan Jaringan telekomunikasi. Tahun 2010 NSN menduduki peringkat kedua, dari sisi pendapatan sebagai supplier infrastruktur telekomunikasi secara global, dengan penjualan bersih sebesar 12.7 milliar Uero. Namun kondisi diatas tidak sejalan bila dilihat dari pendapatan per bisnis unit, khususnya bisnis unit Jaringan optik, dimana NSN hanya menduduki peringkat sembilan berdasarkan pendapatan dari pangsa pasar Asia Pasific. Dengan kondisi diatas, penulis melakukan analisa strategi bersaing PT. Nokia Siemens Networks terkait bisnis unit Jaringan optik melalui evaluasi kinerja perusahaan yang berbasis Balanced Scorecard serta faktor internal dan eksternal dari bisnis unit terkait. Penelitian analisis deskriptif ini dilakukan atas informasi yang tersaji pada laporan kinerja perusahaan 2010, hasil badan survey Infonetics 2010 tentang pasar jaringan optik, hasil badan survey BMI untuk bisnis telekomunikasi di Indonesia, dan wawancara dengan pihak management NSN. Atas analisa yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa: Evaluasi kinerja perusahaan berbasis Balanced Scorecard menunjukkan hasil yang sangat baik. Dimana dengan melakukan strategi penjualan holistik, perusahaan berhasil memenangkan kontrak kerja sama bernilai besar. Efisiensi biaya juga berhasil dilaksanakan dengan pengembangan sistem pelayanan purna jual yang lebih efisien. Terkait dengan bisnis Jaringan optik, sistem penjualan holistik memberikan dampak positif dengan meningkatnya penjualan produk Jaringan optik. Namun demikian, terdapat beberapa kekurangan dari sistem yang dimiliki NSN terkait dengan strategi bersaing bisnis Jaringan optik. Berikut ini merupakan kekurangan – kekurangan yang dimaksud: 1. Implementasi solusi holistik seringkali melibatkan pemberian potongan harga dalam bentuk produk dan layanan yang dalam pelaksanaannya dibebankan pada bisnis unit seperti Jaringan optik. Hal ini menyebabkan persentase pendapatan dari produk terkait lebih rendah dibandingkan dengan volume produk dan layanan yang diterima oleh pelanggan. 2. Harga produk dan layanan NSN cukup tinggi dibandingkan dengan pesaing. Kondisi ini menyebabkan fleksibilitas penjualan produk secara terpisah menjadi berat. Fleksibilitas yang dimaksud dalam hal ini ialah terkait proses price approval dan proses costing. 3. Pengembangan sumber daya teknis sangat dipengaruhi oleh penjualan yang dilakukan oleh perusahaan. Kondisi ini menyebabkan pengembangan sumber daya yang spesifik pada satu bisnis unit sangat bergantung kepada perkembangan bisnis unit tersebut. Hal diatas yang menyebabkan pangsa pasar untuk produk – produk Jaringan optik kecil. Dari analisa lingkungan internal dan eksternal bisnis Jaringan optik diperoleh umpan balik bagi perusahaan untuk peningkatan penjualan produk dan layanan Jaringan optik, diantaranya: melakukan strategic partnership dengan supplier komponen optik, sentralisasi bisnis per area, dan Inovasi produk.
Nokia Siemens Networks is a leading provider of telecommunications infrastructure network solutions that are created as a result of the combined division of Siemens AG COM (not including the Enterprise business unit) and Nokia Network business group. NSN solutions offered to the operator include the design, optimization, supply of product, development, and maintenance of telecommunications networks. NSN ranked second on 2010, in terms of revenue as a global supplier of telecommunications infrastructure, with net sales of 12.7 billion Uero. Above conditions are not in line when viewed from the revenue per business unit , especially Optical Networks business unit , which ranks only ninth based on market share of revenue from Asia Pacific region. With that condition, the authors analyze the competitive strategy of PT. Nokia Siemens Networks related to Optical Networks business unit through performance evaluation based on Balanced Scorecard, as well as internal and external factors of related business unit. Descriptive analysis was conducted based on the information presented in the statement of the company's performance in 2010, the results of the survey agency (Infonetics) for OpticalNetworks market 2010, the results of the survey agency (BMI) for telecommunications business in Indonesia, and interviews with the management of NSN. Above analysis that has been done, it is concluded that: Company performance evaluation based on Balanced Scorecard showed excellent results. By doing holistic sales strategy, the company won contracts worth millions deal. The company also successfully implemented cost efficiency with the development of efficient after-sales service system. Related to the optical network business, holistic sales approach has a positive impact with the increased sales of optical network products. However, there are some shortcomings of the system associated with competitive strategy of Optical Networks business unit. The following are the drawbacks: 1. Implementation of holistic solutions often involves rebates in the form of products and services which usually charged to less profitable business units such as optical networks. This leads to percentage of revenues toward related products lower than the volume of products and services received by the customer. 2. NSN products and services prices are high relative to competitors. This condition causes the flexibility of selling the products separately to be heavy. Flexibility terms in this case are related to price approval process and costing processes. 3. Technical resources development is strongly influenced by the sales made by the company. This condition led to the development of specific resources in one business unit relies heavily on the development of the business unit itself. Above conditions are the reason why market share for the optical network products relatively small. From the analysis of internal and external business environment for optical network, author formulate strategic advices for the company to increase sales of optical network products and services through conduct a strategic partnership with a supplier of optical components, centralize business per area , and product innovation.
Kata Kunci : pangsa pasar, kinerja perusahaan, linkungan internal, lingkungan eksternal, strategi, Jaringan optik