RENCANA MODEL BISNIS DISTRO BALITA DISTA
Larasayu Imas Indarini, Risa Virgosita, SE., M.Sc.
2014 | Tesis | S2 Magister ManajemenDistro atau distribution store merupakan sebuah tempat distributor dan clothing yang memproduksi dan menjual produk sendiri dalam jumlah terbatas dan juga memasarkan produknya dengan melalui penyalur lain dan menerima produk distro lain atau yang disebut dengan konsinyasi. Distro yang ada di Yogyakarta hanya memiliki target market kalangan anak remaja karena remaja biasanya senang tampil beda baik secara individual maupun secara kelompok dalam pemilihan fashion serta di Yogyakarta masih jarang ada distro yang target marketnya untuk balita. Pertumbuhan balita di Indonesia termasuk cepat sehingga kebutuhan akan pakaian balita setiap harinya juga akan meningkat. Unit analisis penelitian ini adalah usaha Distro Dista di Provinsi DIY. Penelitian ini menganalisis bisnis distro dan toko pakaian bayi yang telah ada di Yogyakarta. Penelitian pada distro dan toko pakaian bayi yang telah ada dilakukan untuk mengetahui model bisnis distro pada umumnya. Alat dalam penelitian ini menggunakan customer emphaty map dan kanvas model bisnis. Empathy map adalah alat untuk mendapatkan pengetahuan lebih dalam terhadap konsumen berdasarkan apa yang konsumen lihat, dengar, pikir dan rasakan, katakan dan lakukan, nyeri atau apa yang tidak ingin dirasakan, dan apa yang ingin konsumen dapatkan untuk mengembangkan proposisi nilai baru. Analisis kanvas model bisnis Distro Dista menggunakan sembilan elemen utama yaitu customer segment, value proposition, channel, customer relationship, key activities, key resources, key partners, revenue stream, dan cost structure. Distro Dista menawarkan model bisnis seperti desain produknya terbatas dan tidak sama dengan yang ada dipasaran, adanya garansi berupa penukaran barang yang tidak sesuai, adanya tempat fasilitas bermain anak, adanya jasa pembuatan parcel untuk mengirimkan kado, serta mempunyai layanan media online untuk mengetahui produk-produk terbaru dan memudahkan konsumen dalam melakukan pembelian produk dari Distro Dista.
Distro or distribution store is a place and a clothing distributor that manufactures and sells its own products in limited quantities and also market their products through other distributors and other distributions or receive product called consignment. Distributions in Yogyakarta has only among teenage target markets because teenage usually like to be different either individually or groups in the selection of fashion and in Yogyakarta still rare distro target market for toddlers. Growth of toddlers in Indonesia including fast that the need for toddler clothes daily will also increase. The unit analysis of this research is an attempt at DIY Dista Distro. This research analyzed the distribution business and baby clothing store that has been in Yogyakarta. Research on the distribution and baby clothing store that has been conducted to determine the distribution business model in general. Tool in this research using customer empathy map and business model canvas. Empathy map is a tool to get a deeper knowledge of the consumer based on what consumers see, hear, think and feel, say and do, pain or anything that does not want to be perceived, and what you want to get the consumer to develop new value propositions. Analysis of the business model canvas Dista Distro using nine main elements, customer segments, value propositions, channels, customer relationship, key activities, key resources, key partners, revenue streams, and cost structure. Dista distro offers a business model such as limited product design and not the same as in the market, a guarantee in the form of exchange of goods that do not comply, the facility where children play, the creation parcel services to send gifts, and also online media services have to know the products recent and enable customers to make purchases of products Dista Distro.
Kata Kunci : Distro, Kanvas model bisnis, Emphaty map