Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGIS PROGRAM CSR PT SAMPOERNA AGRO TBK DALAM MENINGGKATKAN DAYA SAING PERUSAHAAN

Hendra, Dr. Rangga Almahendra, ST., MM.

2014 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Pada umumnya masyarakat mengenal kegiatan corporate social responsibility atau CSR sebagai sebuah kegiatan yang bersifat sumbangan/belas kasihan/kedermawanan/kewajiban bagi setiap perusahaan untuk ikut bertanggung jawab kepada masyarakat sekitarnya atas operasi bisnis yang dilakukan, dan mayoratis para praktisi bisnis juga memiliki persepsi yang sama mengenai CSR, dan tidak jarang karena CSR juga telah diatur oleh pemerintah mengakibatkan beberapa perusahaan/praktisi bisnis memandang CSR juga sebagai beban atau biaya bagi perusahaannya. Akan tetapi Porter dan Kramer (2006) berpendapat bahwa apabila CSR dapat dikelola dengan baik maka CSR dapat menjadi salah satu sumber opportunity, inovasi, serta competitive advantage bagi perusahaan tersebut. Penelitian ini dilakukan di PT. Sampoerna Agro Tbk (SGRO) dengan menggunakan tiga alat analisis yaitu analisis bobot faktor, analisis program CSR strategis serta gap analysis dimana ketiga alat ini digunakan untuk melihat apakah CSR di SGRO telah memberikan dampak yang bersifat strategis kepada perusahaan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa implementasi program CSR SGRO saat ini belum memberikan dampak strategis yang signifikan kepada perusahaan yang disebabkan oleh kurang terkoneksinya antara visi dengan program-program kegiatan yang disusun, sehingga terjadi kesenjangan antara visi awal dan realita dilapangan.

Corporate social responsibility (CSR) is commonly known as charitable activities conducted by a company as part of its responsibility for surrounding society which directly or indirectly were impacted by its operational activities. CSR is also included in government regulation thus resulting in a growing concern from the business people that CSR is weighting their budget and reducing their profit. Despite the negative perception about CSR, Porter and Kramer (2006), explained that if a company could manage the CSR activities in a smart way, they could bring opportunities, innovations and competitive advantages for the company. This research is conducted at PT. Sampoerna Agro Tbk. (SGRO) by incorporating three analysis tools: weighted factors analysis, Strategic CSR Program analysis and gap analysis, to see whether CSR activities at SGRO has a strategic impact for the company. This research shows that CSR program implementation at SGRO has yet brought no significant strategic impact for the company, mainly due to planned activity programs that misrepresented the initial visions so the reality did not meet the initially planned visions.

Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, CSR, Analisis Bobot Faktor, Gap Analysis


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.